Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertemuan IKBA SMAN 53

Kolaborasi Untuk Meningkatkan Kualitas SDM Indonesia

Senin, 20 Februari 2023 23:17 WIB
Pertemuan Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKBA) SMAN 53 Jakarta (Foto: Istimewa)
Pertemuan Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKBA) SMAN 53 Jakarta (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesuksesan merupakan kondisi yang ingin dicapai bersama. Ikatan Keluarga Besar Alumni (IKBA) SMAN 53 Jakarta melaksanakan kegiatan pertemuan pada Minggu, 19 Februari 2023, di SMAN 53 Jakarta Timur. Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan perwakilan dari Angkatan 1982 sampai dengan 2022.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Sekolah SMAN 53 Herawati Sihombing, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Titin, Ketua Umum IKBA 53 Sangap Sidauruk, Pembina IKBA Maydin, Budi Mandala, pengurus OSIS, dan panitia lainnya.

Kepala SMAN 53 Herawati sangat mendukung pengembangan kegiatan alumni. Semua kemajuan sekolah juga didukung alumninya. Pembina IKBA SMAN 53 Maydin juga memberikan dukungan dengan semangat kerja sama, merajut kekuatan alumni menjadi hal yang sangat penting.

Penguatan tentang potensi SDM alumni SMAN 53 disampaikan Ketua Umum IKBA SMAN 53 Sangap. Dia menyampaikan tentang pentingnya menyatukan alumni SMAN 53

Baca juga : Jokowi Minta PSSI Siapkan Blueprint Sepak Bola Indonesia

“Semua memiliki kekuatan dan kelebihan. Sangap menambahkan pentingnya semua generasi memberikan kontribusinya untuk kemajuan SMAN 53,” ucapnya.

Kolaborasi merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mencapai hasil yang bagus. Dalam pelaksanaan kegiatan, dibutuhkan suatu tim yang solid. Kesuksesan merupakan hasil dari proses yang sungguh-sungguh. Dalam mencapai kehidupan yang lebih baik, dibutuhkan kerja sama yang efektif dan produktif.

Misbah Fikrianto mengatakan, seseorang akan maju dan sukses berkat dukungan dari orang lain. Karena itu, diperlukan kebersamaan dan saling bekerja sama untuk menyuseskan suatu kegiatan. “Hal tersebut merupakan langkah nyata untuk saling membantu,” jelas Misbah.

Dia lalu mengungkapkan lima tips untuk membangun kerja sama dalam mendukung kesuksesan kegiatan. Pertama, melaksanakan kegiatan sesuai dengan peran masing-masing. “Suatu kegiatan terdapat struktur kepanitiaan, bagaimana kita melakukan pekerjaan sesuai dengan peran masing-masing yang dikoordinasikan ketua kegiatan,” ucapnya.

Baca juga : Pertemuan Airlangga Dan Muhaimin Buka Peluang Perubahan Koalisi

Kedua, menjalin kerja sama dengan banyak pihak. Setiap orang membutuhkan kerja sama dengan orang lain. Kerja sama tersebut saling melengkapi dan produktif. Kerja sama dilakukan untuk mendukung kelancaran acara, seperti sponsor, pihak keamanan, dan lainnya.

Ketiga, berbagi pengalaman. “Dalam menjalani kehidupan kita memiliki berbagai dinamika yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut menjadi kekayaan sekaligus tantangan yang baik untuk mendukung kesuksesan kegiatan,” terang Misbah.

Keempat, belajar satu sama lain. “Kita harus menjadi manusia yang belajar sepanjang hayat. Pada kondisi apapun, selalu ada hikmah untuk pembelajaran yang baik,” sambung Misbah.

Kelima, sukses bersama. “Kita harus memiliki prinsip untuk sukses bersama, jangan berpikir kesuksesan hanya milik individu, tetapi bagaimana secara kolektif kita sukses dan maju bersama,” tambah Misbah.

Baca juga : Semua ASN Terus Bersinergi Untuk Hasilkan Kinerja Optimal

Dia melanjutkan, tips tersebut menjadi penting untuk dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. “Kita harus yakin, sesama manusia saling membutuhkan dan melengkapi. Kondisi tersebut selalu menjadi pembahasan dalam membekali generasi muda,” ucapnya.

Misbah memberikan contoh, pada kepanitiaan kegiatan reuni SMAN 53 Jakarta Timur Angkatan 2000 yang digelar secara bersama-sama hasilnya dapat menjalin kebersamaan dan jejaring yang lebih produktif lagi. “Kita harus saling mendukung, menghargai, dan semangat kebersamaan,” imbuhnya.

Pada pembahasan lanjutan, dilakukan presentasi program OSIS SMAN 53, di antaranya FesTree, Koffee, dan Kampus Expo. Kegiatan ini melibatkan alumni dan membutuhkan kolaborasi dengan semua pihak. Selanjutnya, dibentuk kepanitiaan untuk mempersiapkan HUT IKBA SMAN 53 dan halal bi halal. “Harapannya, semua kegiatan berjalan dengan lancar,” tutup Misbah.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.