Dark/Light Mode

Semua ASN Terus Bersinergi Untuk Hasilkan Kinerja Optimal

Jumat, 17 Februari 2023 14:00 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Nasional, Zudan Arif Fakrullah meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus membangun kerjasama yang produktif dan kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan.

Dengan sinergitas tersebut, para ASN akan menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas dalam mendukung program-program pemerintah.

"Maka, ASN harus tetap rukun, harmonis, maju, tidak ada pergesekan, tidak ada perbenturan, kita semua harus setia dalam orbitnya," tegas Prof. Zudan, saat mengukuhkan Dewan Pengurus Korpri Kemendes PDTT Periode 2022-2027, seperti keterangan yang diterima RM.id Jumat (17/2).

Baca juga : Yasonna Genjot Kinerja Imigrasi

Menurut Prof Zudan, sinergitas itu penting demi menjaga stabilitas dan keutuhan organisasi Korpri secara berkelanjutan. Ia menganalogikan hal tersebut laksana tatanan tata surya yang terus bekerja sesuai dengan orbitnya.

"Kalau saya mengambil contoh siklus kehidupan, itu bagaimana orbit tata surya. Salah satu yang setia menemani kita dan terlihat yaitu matahari dan bumi. Siklus ASN seperti itu," tuturnya.

"Pernahkah bapak dan ibu membaca ilmu yang menjelaskan planet Merkurius dan Venus tabrakan, bulan dan Jupiter tabrakan? Tidak pernah. Kalau kita melihat pergerakannya ternyata tata surya itu tidak pernah berbenturan satu sama lain karena semua bekerja dan setia dalam orbitnya," imbuhnya.

Baca juga : BNPT dan LVRI Bersinergi Tanamkan Nilai Juang 1945 Buat Generasi Muda

Dengan bekerja sesuai tupoksi masing-masing, akan tercipta keseimbangan harmonis sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang optimal dan bermanfaat bagi kepentingan publik.

"Orbit Kepala Seksi, Kepala Seksi, orbit Kabag, Kabag. Orbit kasubdit, kasubdit, Direktur ya Direktur. Dirjen Sekjen orbitnya ya di situ," tambahnya.

Senada dengan Prof Zudan, Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Taufik Madjid, yang baru terpilih menjadi Ketua Dewan Pengurus Korpri Kemendes PDTT Periode 2022-2027, membenarkan bahwa demi merawat kesatuan KORPRI, dibutuhkan bekerja sesuai prioritas dan siklusnya.

Baca juga : Sudrajad Dimyati Didakwa Terima Suap 200 Ribu SGD Untuk Amankan Perkara

Dengan demikian, Korpri akan menjadi pembuka jalan bangsa Indonesia menjemput kemajuannya.

"Seperti yang disampaikan Prof. Zudan tadi, betul kita harus kompak sebagai Korps Pegawai Republik Indonesia. Meskipun kita pada Korpri-nya masing-masing dan siklusnya masing-masing," pungkas Taufik. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.