Dark/Light Mode

Kiran Cucu Soekarno Isi Liburan Musim Panas Dengan Mengajar di Songan, Bali

Senin, 31 Juli 2023 11:19 WIB
Kiran Seegers Soekarnoputra bersama temannya, Floris, saat mengikuti kegiatan magang di Desa Songan Kintamani, Bali. (Foto: Istimewa)
Kiran Seegers Soekarnoputra bersama temannya, Floris, saat mengikuti kegiatan magang di Desa Songan Kintamani, Bali. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kiran Seegers Soekarnoputra dari Kartika Soekarno, bersama temannya, Floris dari Inggris, dalam kesempatan liburan musim panas di Indonesia mengikuti kegiatan magang di Desa Songan, Kintamani, Bali. Kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi dari Kartika Soekarno Foundation dan Bali Children Foundation (BFC) di bidang pendidikan di Songan.

Margaret Barry dari BCF menerangkan, pihaknya sudah melakukan program bantuan pendidikan di Songan sejak 2015. Pihaknya fokus memberikan support di beberapa SD Negeri di Songan melalui program English as a Foreign Language (EFL), STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang nantinya akan diubah menjadi STEAM-H dengan penambahan aspek kesenian dan kemanusiaan (art and humanities).

Baca juga : Sun Life Perkuat Bisnis Dengan Investasi Jangka Panjang Dan Inovasi

"Serta program yang telah sukses dilaksanakan yaitu calistung dan remedial calistung yang bersamaan dilakukan dengan program support perpustakaan yang akan diambil alih oleh peluncuran program baru yaitu Education Technology (EdTech) di September 2023. Program beasiswa sebagai bentuk support kepada anak-anak SD, SMP, dan SMA/SMK di sana,” ujar Margaret Barry, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (31/7).

Selama kegiatan magangnya dalam bimbingan BCF, Kiran dan Floris berkesempatan untuk melakukan pengabdian kepada komunitas dalam serangkaian aktivitas seperti praktik pengajaran Bahasa Inggris melalui media dongeng (Balinese Folklore: Siap Selem). Lalu, matematika dasar bagi anak-anak melalui bantuan teknologi dan game, kelas olahraga dan kesehatan, kelas penerapan STEAM-H melalui kesenian lukis. Kemudian, pembelajaran berbasis projek untuk sekolah menengah kejurusan berupa video promosi dan pembuatan brosur promosi untuk Songan bersama peserta didik kelas jurusan multimedia dan peserta didik kelas jurusan keramah tamahan. Kegiatan ini dilakukan di SD Negeri 5, SD Negeri 6, SMK 2, dan SD 2 Songan Kintamani Bali.

Baca juga : Kepala BPIP: Jangan Pertaruhkan Nasib Bangsa Dengan Serangan Fajar

Siswa dan siswi di Songan sangat antusias menyambut kegiatan ini di sekolah mereka dengan memberikan feedback positif. Salah satunya dengan aktif di kelas dan memberikan hasil terbaik selama kegiatan mengajar.

“Selama seminggu ini kami sangat bersemangat untuk bertemu dengan murid-murid di Songan. Tidak hanya mengajarkan mereka, kami juga akan belajar banyak hal dari mereka. Ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan buat kami,” ucap Kiran dan Floris.

Baca juga : KPK: Curiga Duit Pejabat Hasil Korupsi, Pasangan Bisa Jadi Penyidik Pertama

Ekspresi anak-anak sangat bersemangat ketika bisa langsung bertemu dan diajarkan langsung oleh cucu Presiden pertama Indonesia ini. Kiran dan Floris juga mengajak anak-anak bersemangat dalam kegiatan belajar dan optimis dalam meraih cita-cita dan mimpinya serta bersama-sama memajukan daerah Songan khususnya di pendidikan dan juga pariwisata.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.