Dark/Light Mode

BEM FKG Universitas Trisakti Sukses Gelar FORTE 2023

Selasa, 15 Agustus 2023 22:39 WIB
Forum Terpadu (FORTE) 2023 yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (Foto: Dok. FKG Trisakti)
Forum Terpadu (FORTE) 2023 yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (Foto: Dok. FKG Trisakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti sukses menggelar Forum Terpadu (FORTE) 2023 dengan tema "Empowering Dentists through Insight of Future Dentistry", pada 29-30 Juli 2023. Acara tahunan yang sangat dinantikan ini berhasil menghadirkan semangat baru dalam praktik kedokteran gigi modern, yang diikuti 250 lebih peserta terdiri dari dokter gigi dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, baik dari kalangan klinik maupun preklinik, dengan sejumlah pemateri terkemuka dalam bidangnya.

Ini merupakan penyelenggaraan FORTE pertama yang kembali sepenuhnya berlangsung secara luring setelah dua tahun sebelumnya dilakukan secara daring dan tahun lalu secara hybrid. Dengan format luring, acara ini memberikan akses yang lebih luas bagi peserta dari untuk berpartisipasi dan menggali wawasan dalam perkembangan terkini dalam dunia kedokteran gigi.

Pembukaan FORTE 2023 diawali dengan sambutan inspiratif serta pembukaan secara resmi oleh drg Abdul Gani Soulisa. Dia mengajak semua peserta untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan gigi dengan wawasan mendalam tentang masa depan kedokteran gigi.

Baca juga : Didukung BI, Universitas Trisakti Sukses Gelar KKN di Pandeglang

"Dengan memahami tren dan teknologi terbaru, kita dapat memberikan pelayanan gigi yang lebih baik dan optimal," ujarnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (15/8).

Pembicara dan topik yang dibawakan hadir pada FORTE 2023 seperti Sri Ratna Laksmiastuti Octavian yang memberikan pembaruan dalam teknologi Digital Caries Risk Assessment. Lalu, Novo Perwira Lubis yang mengulas tentang penggunaan Cone Beam-CT dalam Digital Dental Workflow.

Tak ketinggalan Andy Wirahadikusumah, yang membahas Indirect Adhesive Restoration Era, Alphonsus R Quendangen yang memukau peserta dengan paparan Future Technology in Forensic Dentistry. Selanjutnya, Didi Nugroho Santosa, yang berbagi wawasan seputar analgesik aman untuk meredakan rasa sakit odontogenik, serta Trijani Suwandi yang membahas Fiber Reinforced Composite untuk Stabilisasi Gigi Bergerak pada Penyakit Periodontal.

Baca juga : Percepat Konektivitas Energi di ASEAN, ACE Gelar Forum AEBF 2023 di Bali

Para peserta juga berkesempatan menghadiri sesi hands on yang menarik. Wirahadikusumah membimbing peserta dalam persiapan hingga penempatan porselen all ceramic vs zirconia. Sementara Ie Elline Istanto berbagi kiat sukses dalam menciptakan restorasi anterior langsung yang estetis. Lalu, Trijani Suwandi memperkenalkan konsep penting dalam Stabilisasi Gigi Bergerak pada Penyakit Periodontal.

Ketua FORTE 2023 Wilbert Alvin Genesis Cokro menuturkan, FORTE 2023 tak hanya menjadi wadah belajar, tetapi juga ajang berinteraksi dengan berbagai sponsor terkemuka dalam dunia kedokteran gigi. Para peserta dapat mengeksplorasi berbagai produk terbaru dan teknologi terkini yang dapat mendukung praktik.

Rangkaian acara FORTE 2023 juga melibatkan berbagai sponsor, seperti Dentsply Sirona, Thomasong, Dentalities, LEKA, Cobra Dental, THC (Tawada Health Care), Yunex, Interbat, Revoden Asia, dan Haleon/Panadol. Mini dental expo yang diselenggarakan juga turut mendapat dukungan dari Yunex, Azuri Dental, Dentsply Sirona, THC, Haleon, LEKA, Interbat, Cobra Dental, dan Oxyfresh.

Baca juga : YBI Bangkitkan Batik Lewat GBN 2023

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam kesuksesan acara ini, termasuk Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, drg. Wiwiek Poedjiastoeti, Wakil Dekan 3 & Asisten Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran Gigi, drg. Abdul Gani Soulisa, dan drg. Rizky Tanjung, para pembicara, sponsor, panitia, dan peserta yang telah berpartisipasi dalam FORTE 2023," ujar Wilbert.

"Dengan semangat yang menyala dan ilmu yang semakin diperkaya, FORTE 2023 telah menjadi tonggak baru dalam perkembangan kedokteran gigi. Semoga acara ini terus memberikan dampak positif dan menginspirasi para dokter gigi dan mahasiswa untuk berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kesehatan gigi di Indonesia," harap Wilbert.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.