Dark/Light Mode

Kolaborasi Tim PKM Universitas Trisakti dan ITB AD Hadirkan Inovasi Pitdol

Minggu, 27 Agustus 2023 23:45 WIB
Tim PKM Universitas Trisakti saat mengenalkan produk inovasi pitdol untuk membantu mitra di Bojonggede, Bogor. (Foto: Dok. Trisakti)
Tim PKM Universitas Trisakti saat mengenalkan produk inovasi pitdol untuk membantu mitra di Bojonggede, Bogor. (Foto: Dok. Trisakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Trisakti Wawan Kurniawan dan Ida Busnett berkolaborasi dengan Nuraini Malayu dan dibantu 6 mahasiswa Teknik Industri Universitas Trisakti, mengadakan penyuluhan dan pelatihan tentang inovasi produk baru dodol yang lebih bergizi dan memenuhi syarat keamanan pangan, bagi para pembuat dodol di Bojonggede, Bogor.

Ketua Tim PKM Universitas Trisakti Wawan Kurniawan mengatakan, solusi dari Tim Pengabdi ini untuk membantu mitra yang diketui Hj Muhayah, membuat produk baru bernama pitadol. Pitadol adalah singkatan dari pisang, talas, dodol.

Baca juga : Dukung Transisi Energi, Pertamina Lakukan Inovasi Ini

"Berdasarkan hasil penelitian, inovasi terhadap produk dodol telah dilakukan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan. Inovasi produk dodol baru (pitadol) yang akan diterapkan berdasarkan bahan baku yang mudah diperoleh di sekitar rumah mereka seperti tanaman pisang dan talas. Pisang dan talas mengandung antioksidan tinggi. Dengan demikian, dodol inovasi baru yang bernama pitadol mengandung kandungan gizi (antioksidan)," jelas Wawan, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (27/8).

Hasil penelitian dari Tim PKM, lanjut Wawan, antioksidan berperan penting dalam melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang bisa menimbulkan beragam penyakit. Talas dan pisang tumbuh subur dan mudah diperoleh di wilayah Bojonggede.

Baca juga : BEM FKG Universitas Trisakti Sukses Gelar FORTE 2023

"Pitadol diharapkan menjadi alternatif ikon baru oleh-oleh makanan dari Bogor yang sudah ada seperti brownies talas Bogor, asinan Bogor, roti unyil, produk-produk Cimory," ujarnya.

Mitra pengabdian sangat antusias terhadap ide pitadol. Ketua Mitra Hj Muhayah mengucapkan terima kasih, karena sudah dibantu untuk masalah inovasi produknya.

Baca juga : Didukung BI, Universitas Trisakti Sukses Gelar KKN di Pandeglang

Untuk lebih memperkenalkan pitadol, Tim PKM Universitas Trisakti dan ITB Ahmad Dahlan (AD) membantu mitra ikut dalam kegiatan Rekor MURI 1000 dodol di Desa Bojonggede pada Sabtu (26/8) dan ikut dalam pameran Bogorfest di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (27/8).

Keberhasilan program pengabdian ini berkat dukungan Hibah Pendanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek Anggaran 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.