Dark/Light Mode

Gelar PKM, Universitas Pancasila Beri Pelatihan UMKM di Pulau Pramuka

Kamis, 21 September 2023 11:02 WIB
PKM Universitas Pancasila di Pulau Pramuka. (Foto: Dok.  UP)
PKM Universitas Pancasila di Pulau Pramuka. (Foto: Dok. UP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekolah Pascasarjana bersama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, dengan melibatkan para pelaku UMKM di sana. Kegiatan ini dilaksanakan pada 15-16 September 2023.

Ketua PKM di Pulau Pramuka Dr. Syahril Djaddang mengatakan, ada beberapa kegiatan yang dilakukan. Seperti memberikan pelatihan dan penelitian UMKM serta penanaman pohon mangrove di Pulau Pramuka.

Baca juga : KPK Undang Ary Ginanjar Beri Materi Penguatan Antikorupsi

Tema pelatihan yang diberikan yaitu "Tata Kelola Risiko Usaha UMKM" yang disampaikan Dosen Tetap Sekolah Pascasarjana yakni Prof. Arissetyanto Nugroho, Dr. Syahril Djaddang, Dr. Harnovinsah, Dr. Agustinus Miranda Widjaya, dan Dr. Sailendra.

"Materi mengenai tata kelola risiko usaha sangat penting untuk UMKM. Karena para pelaku usaha sering mengalami kondisi keterbatasan sumber daya dan sangat rentan terhadap perubahan eksternal," tutur Syahril Djaddang, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (21/9).

Baca juga : Kepala Perpusnas: Pustakawan Harus Kuasai Berbagai Disiplin Ilmu

Menurutnya, dengan menerapkan tata kelola risiko usaha yang baik, UMKM diharapkan dapat meningkatkan kemampuan untuk menghadapi tantangan dan peluang yang muncul dalam lingkungan usaha yang dinamis. Manfaat lainnya juga dapat membantu dalam meminimalkan potensi kerugian dan meningkatkan kinerja jangka panjang.

Di samping memberikan pelatihan, kegiatan lain yang dilakukan adalah penanaman pohon mangrove di Pulau Pramuka. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memelihara ekosistem mangrove di pulau tersebut serta melindungi pantai dari abrasi, menyediakan habitat bagi berbagai jenis organisme laut, mendukung keberlanjutan ekosistem pesisir, dan mengurangi emisi karbon dioksida.

Baca juga : Ordik 2023, Universitas Budi Luhur Bekali Mahasiswa Baru Bela Negara di Atas KRI AL

Dengan implementasi yang tepat dan keterlibatan aktif dari berbagai pihak, penanaman hutan mangrove di Pulau Pramuka dapat memberikan manfaat signifikan bagi ekosistem lokal dan masyarakat yang mengandalkan sumber daya alam pesisir.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.