Dark/Light Mode

Kelas Podcast, Tingkatkan Kreativitas Bagi Siswa Netra Jadi Modal di Dunia Kerja

Kamis, 31 Agustus 2023 15:54 WIB
Kelas podcast yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di SLBN A Pajajaran Kota Bandung. (Foto: Dok. Kominfo)
Kelas podcast yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di SLBN A Pajajaran Kota Bandung. (Foto: Dok. Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatihan kelas podcast menjadi sarana untuk meningkatkan kreativitas bagi para siswa netra sebagai modal untuk menyambut dunia kerja.

Hal tersebut dilakukan agar para siswa netra memiliki kesiapan yang cukup untuk menjadi lulusan berprestasi dari Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) A Pajajaran Kota Bandung. 

“Sebagai kepala sekolah SLBN A Pajajaran Kota Bandung, saya sangat mendukung kelas podcast yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ini, "tutur Kepala SLBN A Pajajaran Kota Bandung, Gun Gun Guntara, dalam keterangannya, Kamis (31/8).

Guntara menambahkan, siswa dapat dibekali ilmu-ilmu yang dapat meningkatkan kreativitas mereka dan dapat menjadi modal kesiapan mereka untuk bekerja setelah lulus dari SLB ini.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan menghadirkan narasumber yang akan membawakan materi seputar kiat-kiat dalam pembuatan podcast.

Baca juga : BPJamsostek Salurkan Santunan 183 Juta Bagi Petugas Haji Indonesia

Harapannya, kegiatan tersebut berguna untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas para siswa netra.

Podcaster Netra dan Trainer Disabilitas, Albert Wijaya mengatakan bahwa podcast bisa menjadi sarana produktivitas dalam pembuatan konten bagi teman-teman disabilitas netra agar bisa tetap berkreasi di ruang digital.

“Podcast itu platform konten audio yang berguna banget buat kita, karena hanya mengandalkan pendengaran saja. Kalian semua disini bisa manfaatin podcast jadi tempat untuk membuat konten-konten yang bisa tingkatkan produktivitas kalian,” ucal Albert.

Ia menambahkan bahwa dalam pembuatan podcast perlu memikirkan tema hingga sub-tema utama konten yang akan diisi, hal ini bertujuan untuk mempertahankan episode podcast yang akan berkelanjutan.

“Kalau temen-temen mau bikin podcast, kalian perlu tentuin dulu ide utama yang nantinya bisa dipecah. Dimulai dari hal-hal yang kita tau dan kita kuasain atau bisa dimulai dari hobi temen-temen," ujar Albert.

Baca juga : Bamsoet Pastikan Indonesia Siap Gelar MotoGP 2023 di Mandalika

Sementara itu, Podcaster & Trainer Audio Storytelling dan Co-Founder Paberik Soeara Rakjat, La Rane Hafied Gany menjelaskan materi tentang storytelling dalam podcast.

Menurutnya, storytelling atau bercerita adalah konten podcast yang menarik untuk didengar oleh audiens sehingga audiens tetap mendengarkan podcast hingga akhir.

“Esensi atau inti dari podcast itu adalah bercerita, coba bayangkan kalau dengerin orang cerita lewat podcast kan seakan-akan kayak bercerita langsung dengan kita," ujar Rane.

Rane juga menjelaskan bahwa bercerita itu penting untuk mengkomunikasikan sesuatu kepada orang lain untuk didengarkan melalui podcast. Tetapi untuk menjamin bahwa orang lain mendengarkan podcast, para siswa ditekankan untuk memperhatikan hal-hal yang dapat membuat cerita menjadi menarik.

“Ada tiga hal yang perlu diperhatikan kalau kalian ingin bercerita di podcast, untuk apa, untuk siapa, dan bagaimana cara penyampaiannya. Kalau kalian udah bisa menentukan tiga hal tersebut, "ujarnya.

Baca juga : Bareng PT DLU Holding, BHS Berikan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Kapal Di Tegal

Kegiatan Kelas Podcast untuk Disabilitas Netra di Bandung merupakan salah satu rangkaian kegiatan Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2023.

Acara dihadiri oleh kurang lebih 120 peserta yang terdiri dari siswa SLBN A Pajajaran Kota Bandung, kalangan disabilitas binaan Balai Disabilitas Wyata Guna, dan komunitas disabilitas Kota Bandung.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.