Dark/Light Mode

Universitas MH Thamrin Wisuda 1.054 Lulusan

Kamis, 30 November 2023 22:09 WIB
Wisuda Universitas MH Thamrin. (Foto: Istimewa)
Wisuda Universitas MH Thamrin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas MH Thamrin (UMHT) menggelar diwisuda tahun akademik 2022/2023 sebanyak 1.054 orang, di Jakarta, Kamis (30/11). Rektor Universitas MH Thamrin, Daeng Mohammad Faqih, mengucapkan selamat atas keberhasilan studi para wisudawan.

"Kepada orang tua atau wali wisudawan, kami keluarga besar UMHT juga mengucapkan selamat Kepada Bapak/Ibu sekalian karena pada hari ini putra-putrinya telah dilepas UMHT, setelah kami bekali kemampuan vokasional, akademik, dan profesional yang cukup untuk mengabdikan diri bagi bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini. Apabila selama dalam proses pendidikan di UMHT masih terdapat hal dirasa masih kurang, perlu diperbaiki, dan ditingkatkan, saya atas nama UMHT dengan ketulusan hati membuka selebar-lebarnya saran dan masukan yang konstruktif.” ucap pria yang juga menjabat Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini.

Baca juga : Rektor Universitas Bakrie Mewisuda 773 Sarjana

Dia melanjutkan, UMHT kembali mencetak para agen perubahan. Yaitu SDM tangkas dan inovatif, yang bisa membangun bangsa kompetitif, para profesional dan pemimpin yang memiliki pemahaman mendalam tentang manajemen, kolaborasi, dan inovasi yang membawa dampak bagi negeri.

“Bagi para wisudawan yang akan langsung terjun ke dunia kerja, saya berpesan, di mana pun nanti bekerja atau berkarya, jadilah wirausahawan, karyawan, pegawai, seorang profesional, yang baik dan unggul. Yaitu yang memiliki kemampuan/keahlian/kompetensi yang mumpuni, memiliki integritas etik dan moral, etos dan komitmen kerja yang tinggi," tuturnya.

Baca juga : Universitas Trilogi dan FOS DKI Kolaborasi Hadirkan Gerakan Nusantara Peduli

Daeng menegaskan, memiliki kemampuan akademik saja tidak cukup. Perlu bekerja sama dan berkolaborasi yang baik. Kemudian, selalu berupaya mengembangkan kemampuan dan berinovasi serta secara adil dan bijak menjunjung tinggi kebhinekaan dan keragaman Indonesia tanpa membedakan agama, suku, etnis dan asal daerah. “Apabila pada suatu saat nanti kalian menjadi pemimpin di salah satu lembaga pemerintahan, atau swasta di tingkat mana pun, jadilah pemimpin yang baik,” pesannya.

Orasi ilmiah dalam wisuda ini disampaikan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Dia menjelaskan, alumni dari universitas adalah bagian dari sumber daya manusia yang diharapkan memiliki tiga aspek. Yaitu knowledge atau pemikiran. skill, dan yang paling utama adalah integritas. Kata dia, integritas akan memberikan warna dan nilai dari urgensi dari sumber daya manusia.

Baca juga : 80 Universitas Eropa Terkemuka Mejeng Di Ajang EHEF 2023

"Oleh karena itu, saya menitip kepada Universitas MH Thamrin, perlu juga memberikan muatan dalam kurikulum knowledge, skill, dan yang utama adalah integritas. Karena orang yang beretika dan berintegritas itu masih bisa diharapkan sementara orang miring integritas mengkhawatirkan bagi bangsa ini," Nurul Ghufron.

Ada pun 1.054 orang wisudawan UMHT terdiri dari lulusan Diploma 3, Diploma 4, S1, Profesi Ners, dan S2. Secara rinci wisudawan tersebut berasal dari: 

  • Fakultas Kesehatan 598 orang yang terdiri dari 11 Prodi
  • Fakultas Ekonomi 301 orang yang terdiri dari 2 Prodi
  • Fakultas Komputer 102 orang yang terdiri dari 2 Prodi
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 53 orang, terdiri dari 3 Prodi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.