Dark/Light Mode

Universitas Trilogi dan FOS DKI Kolaborasi Hadirkan Gerakan Nusantara Peduli

Minggu, 19 November 2023 05:38 WIB
Workshop Gerakan Nusantara Peduli: Aksi Nyata Gen Z Indonesia, yang digelar Universitas Trilogi bersama Forum OSIS (FOS) DKI, di Jakarta, Sabtu (18/11). (Foto: Istimewa)
Workshop Gerakan Nusantara Peduli: Aksi Nyata Gen Z Indonesia, yang digelar Universitas Trilogi bersama Forum OSIS (FOS) DKI, di Jakarta, Sabtu (18/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Trilogi berkolaborasi dengan Forum OSIS (FOS) DKI Jakarta menggelar workshop "Gerakan Nusantara Peduli: Aksi Nyata Gen Z Indonesia", di Jakarta, Sabtu (18/11). Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Universitas Trilogi Anies Lastiati sangat mengapresiasi acara yang diinisiasi para para siswa tersebut. Menurutnya, acara tersebut bisa membantah yang sering diidentikan dengan Gen Z selama ini.

“Gen Z kadang sering dikonotasikan dengan generasi instan, mudah lelah atau bosanan. Akan tetapi, acara ini atau kehadiran teman-teman yang aktif dalam forum bernama FOS ini justru menunjukkan hal yang sebaliknya. Bahwa Gen Z itu juga kreatif, juga inovatif, juga berprestasi, pokoknya keren,” tuturnya, kepada para peserta yang memenuhi ruangan auditorium Universitas Trilogi itu.

Oleh karena itu, lanjutnya, Universitas Trilogi selalu memberikan apresiasi kepada para pengurus OSIS yang ingin melanjutkan studinya. Apresiasi itu berupa tersedianya beasiswa dan jalur khusus tanpa tes bagi para pengurus OSIS yang nantinya ingin kuliah di Universitas Trilogi. Selain bentuk apresiasi, gerakan atau aktivitas OSIS ini sejalan dengan semangat Universitas Trilogi dalam melahirkan para sarjana-sarjana yang berkarakter mandiri dan berjiwa kepemimpinan.

Baca juga : Lestari: Generasi Muda Kudu Dipersiapkan Hadapi Tantangan Global

Universitas Trilogi merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan dan Perbankan Indonesia atau STEKPI. Universitas Trilogi memiliki tiga pilar utama, yaitu teknososiopreneur, kolaborasi, dan kemandirian. Program studi pilihan yang disediakan khusus untuk para pengurus OSIS yang ingin melanjutkan studinya di Universitas Trilogi adalah Agroekoteknologi, Agribisnis, Ilmu dan Teknologi Pangan, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Pendidikan Guru PAUD, Pendidikan Guru SD, Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan.

Ketua Forum OSIS DKI Kanza Hanif Abbassy Rafif mengucapkan terima kasih serta sangat senang serta bersyukur bisa berkolaborasi bersama Universitas Trilogi. Menurutnya, Universitas Trilogi sangat peduli dengan kemajuan anak muda bangsa.

“Universitas Trilogi merupakan satuan pendidikan yang mendukung gerakan pelajar yang dapat membawa manfaat untuk Indonesia. Tidak banyak universitas yang menawarkan kerja sama sebaik Universitas Trilogi. Maka dari itu, kami sangat berterima kasih dan merasa antusias untuk ke depannya dapat berkolaborasi terus dengan Universitas Trilogi,” ucapnya.

Baca juga : Lestari: Generasi Muda Penting Terapkan Nilai Kebangsaan

Secara khusus, siswa SMAN 28 Jakarta ini menjelaskan, tujuan acara yang merupakan rangkaian Nusantara Youth Project 2023 ini adalah untuk mempertemukan pelajar se-Indonesia dengan membangun kolaborasi antara pelajar dari berbagai pulau di Indonesia.

“Kami bertujuan untuk memotivasi anak bangsa untuk berpartisipasi dengan menyatukan pemikiran agar menghasilkan strategi yang efektif dan implementasi yang nyata di bidang pendidikan, lingkungan, sosial budaya, dan kesehatan. Selain itu dengan mengadakan acara ini kami bermaksud untuk memberikan peluang serta memperluas wawasan dan pemahaman mengenai isu-isu yang menjadi fokus pembangunan Indonesia,” tuturnya.

Kepada sesama generasi mudah, siswa yang sering disapa dengan Hanif ini mengimbau untuk bersama-sama jadikan acara ini sebagai sarana untuk menjalankan aksi konkret di bidang pendidikan, lingkungan, sosial budaya, dan kesehatan.

Baca juga : Rektor Universitas Prasetiya Mulya Ajak Generasi Muda Perhatikan Bahasa Capres-Cawapres

“Jadilah pelopor kebaikan di sekolah masing-masing dan bawa semangat kolaborasi ke tingkat nasional. Mari kita bangun jembatan harapan, saling menginspirasi, dan menjadikan perbedaan kita sebagai kekuatan. Bersama, kita bisa menciptakan masa depan yang lebih baik untuk Indonesia” pungkasnya.

Acara yang berlangsung seharian ini diikuti 300 lebih peserta yang berasal dari sekitar 80 SMA/sederajat, baik yang berasal dari DKI Jakarta maupun dari luar Jabodetabek. Tidak hanya diisi dengan sajian-sajian materi, para peserta juga diberi kesempatan untuk berdiskusi dan bertukar gagasan sesuai dengan bidang yang mereka pilih.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.