Dark/Light Mode

Universitas Trisakti Gelar PKM Mandiri Internasional di Jepang

Jumat, 15 Desember 2023 13:42 WIB
Kegiatan PKM Mandiri Internasional mahasiswa dan dosen Universitas Trisakti, di Jepang. (Foto Dok. Trisakti)
Kegiatan PKM Mandiri Internasional mahasiswa dan dosen Universitas Trisakti, di Jepang. (Foto Dok. Trisakti)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Trisakti melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mandiri Internasional yang terdiri dari empat dosen dan 12 mahasiswa, di Jepang, 15 Oktober 2023. Empat dosen tersebut adalah Wawan Kurniawan, Wegig Murwonugroho, Rudy Pou, Nurhayati.

Mereka mengadakan kegiatan PKM dengan judul "Hygienic Served Food and Drinks in the Worship Place". Fokus utama pembahasan adalah perbedaan pelaksaan pemotongan hewan kurban di Indonesia dan Jepang ke Jamaah Masjid Kitakyushu atau Kitakyushu Islamic Cultural Center (KICC).

Baca juga : Gelar Muktamar Internasional, JIC Dorong Dai Jadi Agen Peradaban

Ketua Tim PKM Wawan Kurniawan menjelaskan, tujuan pelaksanaan PKM Mandiri Internasional ini sebagai salah satu bagian upaya Universitas Trisakti menuju universitas terpandang di dunia.

“Pelaksanaan PKM terdiri dari persiapan, pelaksanaan lapangan, pembuatan laporan dan luaran. Mitra PKM adalah Ketua Pengurus Masjid Bapak Muhammad Subkhan dan Jamaah KCIC. Jamaah KCIC yang hadir saat pelaksanaan PKM berasal dari warga Indonesia, Malaysia, Singapura, Banglades, dan mualaf warga Jepang,” jelas Wawan, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (15/12).

Baca juga : Hilirisasi Digital Jadi Kunci Indonesia Menjadi Negara Maju

Hasil diskusi PKM ini, lanjut Wawan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang higienis dan halal di Jepang perlu menjadi acuan penting untuk pelaksanaan di Indonesia. Selain itu, jika jamaah KCIC ingin mengkonsumsi daging hewan kurban, perlu mengikuti peraturan tentang tata cara pemotongan hewan kurban dan pemanfaatan untuk dibagikan dan dikonsumsi jamaah KCIC.

Mitra PKM sangat antusias terhadap kegiatan ini. Ketua Pengurus KCIC Muhammad Subkhan dan salah jamaah, Ira Hutagalung, mengucapkan terima kasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan Tim PKM Trisakti. Mereka mengharapkan kegiatan dapat berkelanjutan.

Baca juga : PP Hima Persis Akan Gelar Muspimnas II di Kepri, Ini Alasannya

Luaran kegiatan PKM Mandiri Internasional ke Jepang ini berupa PPT, artikel jurnal .video kegiatan, dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Hak Cipta. Keberhasilan program pengabdian ini berkat dukungan Pendanaan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat Universitas Trisakti Anggaran 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.