Dark/Light Mode

Fakultas Ekonomi Unkris Gelar KKN di Desa Tugu Utara, Bogor

Jumat, 16 Februari 2024 21:49 WIB
Kuliah Kerja Nyata Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana, di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor. (Foto: Unkris)
Kuliah Kerja Nyata Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana, di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor. (Foto: Unkris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Krisnadwipayana (Unkris) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Mengambil tema “Optimalisasi Potensi Sumber Daya dalam Upaya Menuju Desa Wisata Unggul”, kegiatan KKN berlangsung pada 1-3 Februari 2024 dengan melibatkan 310 orang mahasiswa.

Dekan Fakultas Ekonomi Unkris Imam Wibowo mengatakan, pihaknya secara rutin menerjunkan mahasiswa dalam kegiatan KKN setiap tahunnya. Tujuannya adalah mengintegrasikan pembelajaran teori dengan pengalaman langsung di lapangan.

“Dengan terjun langsung ke tengah masyarakat, mahasiswa dapat memahami dan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajarinya dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat,” kata Imam, Jumat (16/2).

Baca juga : Dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Mecu Buana Gelar Program PKM

Tahun ini FE Unkris tercatat paling banyak menerjunkan mahasiswa, sebanyak 310 orang. Mereka membawa beberapa program unggulan antara lain penyuluhan stunting, pelatihan pemasaran digital bagi para UMKM, pengajaran pada siswa SD Negeri di Desa Tugu Utara, kegiatan literasi perpustakaan pada 6 RW di Desa Tugu Utara serta pentas seni dan budaya.

“Mahasiswa juga membangun e-library sebagai literasi perpustakaan yang menempel dengan PAUD di Desa Tugu Utara,” tambah Dekan.

Ketua Pelaksana KKN FE Unkris yang juga Wakil Dekan III FE Iwan Kurniawan Subagja mengatakan, pemilihan Desa Tugu Utara sebagai lokasi KKN karena Unkris telah menjalin kerja sama cukup erat dengan aparat desa tersebut. Unkris ingin membantu masyarakat Desa Tugu Utara untuk mewujudkan Desa Wisata Unggulan di Bogor.

Baca juga : Prabowo: Perkuat Ekonomi, Indonesia Bakal Disegani Dan jadi Panutan Negara Lain

“Kami berharap program-program yang dibawa mahasiswa dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama terkait dukungan menjadi desa wisata unggulan,” jelas Iwan.

Kepala Desa Tugu Utara Asep Ma’mun Nawawi mengatakan, kolaborasi antara Unkris dengan Desa Tugu Utara sudah terjalin cukup lama melalui Nota Kesepahaman (MoU) maupun Perjanjian Kerjasama (PKS) yang telah ditandatangani kedua belah pihak. “Tindaklanjut dari MoU dan PKS tersebut, salah satunya adalah KKN mahasiswa Unkris dari Fakultas Ekonomi,” katanya.

Ia berharap, dengan hadirnya mahasiswa melalui program KKN dengan membawa beberapa program, dapat mempercepat target Desa Tugu Utara menjadi desa wisata unggulan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.