Dark/Light Mode

Prof Jimly Ajak Lulusan Unas Persiapkan Diri Sambut Indonesia Emas 2045

Senin, 3 Juni 2024 01:39 WIB
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dan Anggota DPD Prof Jimly Asshiddiqie memberikan pembekalan dalam Wisuda Unas, di JCC, Minggu (2/6). (Foto: Dok. Unas)
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dan Anggota DPD Prof Jimly Asshiddiqie memberikan pembekalan dalam Wisuda Unas, di JCC, Minggu (2/6). (Foto: Dok. Unas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Nasional (Unas) meluluskan 1.533 wisudawan pada periode I semester ganjil tahun akademik 2023/2024. Kelulusan para wisudawan ditandai dengan penyelenggaraan wisuda di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (2/6).

Penyelenggaraan wisuda dibagi menjadi dua sesi dengan jumlah wisudawan sebanyak 835 pada sesi 1. Terdiri dari 73 wisudawan program magister, 762 wisudawan program sarjana. Sedangkan sesi 2 diikuti 698 wisudawan terdiri dari 49 wisudawan program magister, 649 wisudawan program sarjana.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, atas nama Unas, dengan penuh kebanggaan dan sukacita, kami mengucapkan selamat kepada wisudawan atas keberhasilan saudara-saudara menyelesaikan pendidikan di Unas. Hari ini adalah momen yang sangat istimewa dalam perjalanan akademik kalian semua,” ujar Rektor Unas El Amry Bermawi Putera, dalam pidatonya pada wisuda Unas.

El Amry menambahkan, wisuda adalah akhir perjuangan sebagai mahasiswa, dan awal perjuangan sebagai warga negara untuk memasuki dunia kerja yang nyata dengan tingkat persaingan yang semakin kompetitif. Untuk menang dalam persaingan, modalnya bukan hanya mengandalkan ijazah dengan prestasi akademik "cum laude", “sangat memuaskan”, atau “memuaskan”, namun lebih dari itu membutuhkan modal soft skill.

Untuk sampai fase wisuda, kata El Amry, ada proses perjuangan yang tidak ringan, perlu tekad, niat membaja dalam menghadapi persoalan selama menjadi mahasiswa. Bukan sekadar prestasi akademik dan ilmu yang mengasah penalaran dalam berpikir dan bertindak, prestasi non akademik, lingkungan yang menempa mewarnai sikap, perilaku, para wisudawan.

Baca juga : Laga Persahabatan: Skor Kaca Mata Indonesia Vs Tanzania

Dalam wisuda ini, terdapat 12 wisudawan terbaik yang datang dari program sarjana maupun program magister. Wisudawan terbaik mendapatkan cincin emas yang langsung disematkan oleh Rektor Unas.

Dua belas wisudawan ini adalah:

  1. Dina Liliyana, wisudawati Program Magister Hukum, Fakultas Hukum dengan IPK 3,99
  2. Nurhaeni, wisudawati Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,98
  3. Silvia Hasan, wisudawati Program Magister Biologi, Fakultas Biologi dan Pertanian dengan IPK 3,98
  4. Erina Rahmazani, wisudawati Program Magister Teknologi Informatika, Fakultas Teknologi, Komunikasi dan Informatika dengan IPK 3,98
  5. Muhamad Saefudin, wisudawan Program Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan IPK 3,90
  6. Sara Dwi Anjani, wisudawati Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra dengan IPK 3,99
  7. Vicky Zaynul Firmansyah, wisudawan Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan IPK 3,98
  8. Harun Al Jafar, wisudawan Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi, Komunikasi dan Informatika dengan IPK 3,97
  9. Dwi Efriana, wisudawati Program Studi Agroteknologi, Fakultas Biologi dan Pertanian dengan IPK 3,95
  10. Regita Kurnia Febrian, wisudawati Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan dengan IPK 3,95
  11. Silva Wira Pratiwi, wisudawati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,93
  12. Hilda Dewi wisudawati, Program Studi Hukum, Fakultas Hukum dengan IPK 3,88.

Selain itu, masih ada 65 wisudawan dari program Pascasarjana dan 874 dari program Sarjana, yang berpredikat “Cum Laude” (Dengan Pujian).

“Mereka adalah lulusan terbaik yang telah menginspirasi dan membanggakan kita semua. Secara khusus, kami mengucapkan selamat kepada beberapa wisudawan dan wisudawati yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK tertinggi serta menyelesaikan studi tepat waktu. Dengan kerendahan hati, mari kita mengapresiasi pencapaian mereka yang telah menjadi panutan dan teladan bagi teman-teman seangkatannya,” kata El Amry.

Ketua Pengurus Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (YMIK) Ramlan Siregar, dalam sambutannya, turut menyampaikan selamat kepada wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikannya di Unas. Ramlan mengatakan, sebagai bentuk tanggung jawab Unas kepada bangsa dan negara, khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing di era global, selalu menjaga komitmen untuk terus menjadi yang terbaik dalam memberikan kualitas pendidikan.

Baca juga : Indonesia Makin Keras Ke Israel

“Kami juga mendorong Pimpinan Unas melakukan upaya optimal agar mahasiswa dapat melaksanakan fungsi tri dharma perguruan tinggi. Semua ini dilakukan dalam upaya mewujudkan visi Universitas Nasional tahun 2035 sebagai salah satu universitas terbaik di Asia,” ungkapnya.

Ramlan mengatakan, dalam lingkungan sosial dan dunia kerja, nantinya para wisudawan akan menjumpai perbedaan budaya, cara pandang, nilai, serta tradisi. Terlebih saat ini, pemanfaatan teknologi digital sangat meluas, sehingga informasi dan pengetahuan dapat dijangkau semua pihak. Dalam kondisi seperti ini, pertukaran pengetahuan menjadi kunci keberhasilan.

Menurut Ramlan, dalam proses pertukaran pengetahuan tersebut perlu ada keterbukaan pikiran serta interaksi sosial yang penuh toleransi. “Wisudawan mesti mampu secara bijak untuk dapat beradaptasi dan mengambil nilai serta pengetahuan. Oleh sebab itu, pertukaran pengetahuan memerlukan kemampuan untuk berinteraksi, berkomunikasi, serta berkolaborasi," ucapnya.

Tantangan Indonesia Emas 2045

Pada wisuda Unas 2023/2024, hadir pula mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dan Anggota DPD Prof Jimly Asshiddiqie menyampaikan pembekalan kepada para wisudawan.

Prof Jimly meyampaikan terkait dengan tantangan menuju Indonesia Emas 2045. Ia mengatakan, para lulusan yang di wisuda pada kali ini akan mengalami periode tersebut. Jimly mengatakan, dalam menghadapi tantangan menuju Indonesia Emas 2024, lulusan perlu rajin belajar untuk mempersiapkan diri.

Baca juga : Bocorocco Gerakan Sejuta Entrepreneur Songsong Indonesia Emas 2045

Ia menerangkan, tantangan itu akan dipengaruhi oleh beberapa ancaman yaitu perang ekonomi dan juga perkembangan teknologi. Dalam menghadapi kompleksitas ancaman tersebut, generasi muda perlu menjadi agen perubahan.

Para lulusan bisa melalui partisipasi aktif dalam organisasi kemasyarakatan, kegiatan sosial, dan politik yang bertujuan memajukan kepentingan masyarakat. Melalui pemahaman mendalam terhadap masalah-masalah yang dihadapi. Selain itu juga bisa merumuskan solusi-solusi inovatif dan memberikan dampak positif bagi banyak orang.

Terkait dengan tantangan teknologi, Prof Jimly mengatakan, tantangan di era terbukanya informasi pada saat ini menciptakan disinformasi yang sangat beragam. Sehingga hal itu, dapat mempengaruhi sikap generasi muda dalam menyerap suatu informasi. Oleh karena itu, para lulusan diharapkan mampu meningkatkan kecerdasan intelektual, critical thinking serta kecerdasan emosional.

Hal lain yang perlu menjadi pegangan oleh para wisudawan, kata Prof Jimly, kesiapan mental dari generasi muda. Menurutnya, generasi muda harus berusaha untuk menjaga keseimbangan fisik dan mental dalam berdigital. “Jadi, kita harus mempersiapkan diri, dengan kuncinya yaitu sikap mental dari para lulusan itu sendiri,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.