Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mudahkan Transaksi, BI NTB Sediakan 712 Merchant QRIS Di Kawasan Sirkuit Mandalika

Minggu, 21 Nopember 2021 11:33 WIB
Geliat pelaku usaha UMKM di kawasan Sirkuit Mandalika, NTB. (Foto : Infopublik)
Geliat pelaku usaha UMKM di kawasan Sirkuit Mandalika, NTB. (Foto : Infopublik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia kantor perwakilan NTB telah menyediakan 712 merchant QRIS di kawasan pariwisata superprioritas Mandalika.

Langkah ini untuk mendukung transaksi nontunai pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang beraktivitas di ajang World Superbike (WSBK) 2021, Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dikutip dari Kanal Layanan di situs BI, QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standarisasi pembayaran menggunakan QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi memakai QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Berita Terkait : IMI Akan Siapkan Marshal Di Sirkuit Mandalika

Para wisatawan dan penonton WSBK yang datang ke Mandalika didorong untuk berbelanja serta bertransaksi menggunakan QRIS. Hingga Jumat (19/11/2021), sudah 396 merchant terpasang QRIS dan masih akan dikebut 316 merchant lagi hingga pelaksanaan lomba Minggu (21/11/2021).

Sebanyak 389 merchant telah memiliki mesin EDC dan akan ditambah 399 mesin lagi seiring kebutuhan di kawasan Mandalika. Hal ini akan membuat masyarakat yang berwisata ataupun ingin menonton balapan dapat lebih aman dan praktis dalam bertransaksi nontunai.

"Kami ajak masyarakat untuk bertansaksi memakai QRIS karena selain lebih praktis, sudah tentu jauh lebih aman," kata Kepala Perwakilan BI NTB Heru Saptaji dalam keterangannya, Minggu (21/11)

Berita Terkait : Kunjungi NTB, Presiden Bakal Jajal Sirkuit Mandalika

Selain menyiapkan merchant QRIS, BI NTB juga menyediakan tiga kantor pelayanan penukaran valuta asing (valas), 31 unit mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang tersebar di sekitar kawasan wisata Mandalika. Selain itu beberapa bank nasional juga telah menyiapkan delapan unit kas bergerak dilengkapi mesin ATM tersebar di sejumlah lokasi termasuk kantong-kantong parkir penonton menuju sirkuit Mandalika.

BI NTB beharap dengan adanya penambahan fasilitas penunjang transaksi tadi, dapat membantu membangkitkan perekonomian masyarakat sekitar. Selain itu, gelaran WSBK diharapkan ikut mendongkrak pertumbuhan ekonomi lokal di kuartal keempat 2021 sebesar 5,01-5,81 persen.

Hal senada juga diungkap Sekretaris Daerah NTB Lalu Gita Aryadi dalam acara yang sama bahwa ajang WSBK dapat menjadi momentum bangkit dan makin bertumbuhnya perekonomian masyarakat di lima desa sekitar Mandalika serta perekonomian NTB pada umumnya.

Berita Terkait : Mobil Listrik BMW Jadi Safety Car Di Sirkuit Mandalika

Ia juga berharap hal ini terus berlanjut hingga pelaksanaan seri kedua MotoGP musim 2022 mendatang yang juga akan digelar di Mandalika. "Semoga ajang WSBK ini dapat menjadi momentum kebangkitan ekonomi bagi daerah kami," katanya. [IPL]