Dark/Light Mode

Sragopolitan: Perkuat Digitalisasi Agar Pelaku Usaha Agri Go Internasional

Rabu, 24 November 2021 17:35 WIB
Sragen Agropolitan Investmen Summit 2021 (Sragopolitan) digelar di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Rabu (24/11). (Foto: Ist)
Sragen Agropolitan Investmen Summit 2021 (Sragopolitan) digelar di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Rabu (24/11). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Edukasi Digitalisasi UMKM

Bussiness Development Director Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) Arie Yuwono mengatakan acara ini juga  memberikan edukasi soal digitalisasi  kepada pelaku UMKM.

"Sehingga UMKM kita bisa berdaulat. Jadi yang tadinya mereka pasarnya secara konvensional diubah menjadi digital," ujarnya.

Baca juga : Pemerintah Hadir Di Perbatasan, Biar Pengganggu Ngeri Dan Mundur

Agung Purnomo, Anggota Koperasi Mitra Sejati Mandiri mengaku, pihaknya mengumpulkan rekan investor mulai dari  Asia seperti dari China dan Australia. Investor berharap dengan konsep  digitalisasi, potensi agro bisnis di Sragen bisa tergarap dengan baik.

Tidak hanya bisnis agro, ke depan ia berharap pelaku UMKM produk rumahan, bisa terakomodir menjadi suatu produk yang bersaing di dunia internasional.

"Kita belajar dengan era digital ini, pasar semakin luas untuk itu yang harus kita kenalkan kepada mereka supaya mereka benar-benar bisa berdaulat dengan digitalisasi saat ini tidak ada lagi orang tengah dan bisa lancar langsung ke pembeli," tutur Agung.

Baca juga : Ketum PBSI: Verawaty Berjasa Angkat Prestasi Bulutangkis Ke Pentas Internasional

Sragen Agropolitan Investment Summit 2021 seiring dengan program pemerintah dalam memajukan potensi ekonomi daerah Kabupaten Sragen. 

Sekda Kabupaten Sragen Tataq Prabawanto mendukung dan memudahkan berbagai upaya peningkatan UMKM. Dari mulai perizinan sampai investasi. Tidak ada yang dipersulit. Kata dia, kendala mereka saat adalah status hukum perusahaan, mendapat sertifikat halal dan sertifikat izin edar dari BPOM.

Karena itu, ia berharap dinas-dinas terkait bisa memberikan bimbingan kepada pelaku UMKM agar bisa mendapat sertifikat AISO. "Sehingga nanti produk UMKM ini tak hanya bisa didagangkan di dalam kabupaten, tapi sampai ke luar negeri," ungkapnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.