Dark/Light Mode

BI Optimistis Ekonomi Melesat Tahun Depan

Kamis, 25 November 2021 08:30 WIB
Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2021 yang digelar secara hibrida (daring dan luring) Rabu (24/11). (Foto: Dok. Bank Indonesia).
Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2021 yang digelar secara hibrida (daring dan luring) Rabu (24/11). (Foto: Dok. Bank Indonesia).

 Sebelumnya 
“Pada tahun 2020 stimulus Rp 473,4 triliun, tahun 2021 hingga kini Rp 143,3 triliun ditambah Rp 215 triliun untuk kesehatan dan kemanusiaan. Nah, tahun 2022 sebesar Rp 224 triliun dengan suku bunga rendah,” ungkap Perry.

Ketiga, sinergi mendorong kredit dan transformasi keuangan. Perry mengatakan, Bank Sentral akan fokus mendorong kredit dunia usaha. Saat ini, terdapat sembilan sektor yang siap kembali menarik kredit. Antara lain, perkebunan, kimia-farmasi, hortikultural hingga makanan dan minuman.

Baca juga : BI Optimis Ekonomi Makin Kinclong, Tahun Depan Bisa Tumbuh 5,5 Persen

Keempat, digitalisasi ekonomi keuangan. Kelima, mendorong ekonomi keuangan yang inklusif. Termasuk pengembangan keuangan, serta dukungan terhadap ekonomi dan keuangan hijau.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini mencapai 4 persen. Kinerja tahun ini bisa dipastikan lebih baik dibandingkan tahun lalu yang terkontraksi 2,07 persen.

Baca juga : Bamsoet Optimistis Rosan Mampu Tingkatkan Hubungan Diplomatik RI-AS

Namun, pertumbuhan yang tidak signifikan tampaknya dipengaruhi kinerja kuartal I yang masih terkontraksi, serta kuartal lll yang melambat akibat varian Delta Covid-19.

“Kinerja kuartal IV tetap berpotensi kembali membaik, mungkin lebih normal, dan tentu dengan keseimbangan di berbagai kegiatan ekonomi seperti di China, Amerika Serikat dan Eopa,” katanya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.