Dark/Light Mode

Erick Jadi Keynote Speaker “Banten Economic Outlook 2022”

Banten Disiapkan Jadi Provinsi Digital

Kamis, 25 November 2021 07:25 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Khususnya untuk masyarakat Banten, dengan berfokus pada 3 aspek yakni infrastruktur, pendanaan dan ekosistem sektor digital,” lanjut Erick.

Selain sektor digital, ada sejumlah perusahaan BUMN yang sudah bercokol cukup lama di Banten. Diantaranya, sebut Erick, PT Krakatau Steel. Perusahaan baja nasional terbesar di Indonesia itu telah menjadi salah satu penggerak perekonomian Banten, sejak 1970. Investasi puluhan triliun rupiah siap kembali dikucurkan untuk pengembangan usaha.

Baca juga : Mantu Jokowi Vs Petahana, Siapa Akan Jadi Pemenang?

Ada juga PT ASDP Indonesia Ferry, yang membangun terminal eksekutif Pelabuhan Merak. Sehingga terintegrasi dengan angkutan umum dan kereta api serta memberi kesempatan bagi UMKM untuk berdagang. Hingga kolaborasi PT WIKA yang berkolaborasi dengan PT PP dan PT Jababeka Infrastruktur untuk membangun jalan tol Serang-Panimbang dengan tujuan mengembangkan wilayah selatan Banten dan meningkatkan potensi pariwisata di Pandeglang dan Lebak.

“Kami dari Kementerian BUMN terus mendorong perusahaan-perusahaan BUMN untuk mengembangkan Banten,” tegas mantan bos klub sepakbola Inter Milan ini.

Baca juga : PNM Modali 81 Ribu Ibu-ibu Di Sukabumi

Selain Erick, ada sejumlah narasumber lain yang ikut dihadirkan. Di antaranya Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono dan Wali Kota Tangerang Selatan yang diwakili oleh Staf Ahli Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Mukoddas Syuhada.

Diskusi yang dipandu oleh Pemimpin Redaksi Satelit News Deddy Maqsudi itu juga menghadirkan Direktur Utama PT Krakatau Steel (KS) Silmy Karim. Webinar ini digelar dalam rangka hari ulang tahun Tangsel Pos ke-13, salah satu koran terbesar Banten di bawah naungan Rakyat Merdeka Group.

Baca juga : Rombak Direksi, Nusa Konstruksi Enjiniring Optimis Bisnis Moncer

Dari deretan narasumber itu, adalah giliran Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang pertama bicara. Ia mengemukakan terjadinya pergeseran investasi di daerahnya, dari sebelumnya didominasi di sektor industri dan manufaktur beralih ke sektor perumahan dan pariwisata.

Investasi di sektor perumahan dan pemukiman tidak saja diramaikan oleh pengembang dengan skala menengah dan kecil, tapi banyak juga digarap oleh pengembang dengan skala besar. “Pertumbuhan kota satelit di kota Tangerang ini cukup pesat dan ini sangat mendukung investasi di wilayah Tangerang dan Banten pada umumnya,” bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.