Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Konvensi Rakyat Digital, Partai Perindo Banjir Pujian

Kamis, 2 Desember 2021 14:12 WIB
Peluncuran konvensi rakyat Partai Perindo. (Foto: ist)
Peluncuran konvensi rakyat Partai Perindo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konvensi Rakyat berbasis digital yang digelar oleh Partai Perindo dimaknai sebagai sebuah lompatan dalam berdemokrasi. 

"Ini merupakan loncatan yang bagus, bagaimana demokrasi itu berlangsung," kata Pakar Telematika Roy Suryo, Kamis (2/12).

Roy Suryo mengatakan, dari 274,9 juta penduduk Indonesia, sekitar 202 juta sudah menggunakan Internet dan sekitar 170 juta jiwa adalah pengguna media sosial. Konvensi Rakyat Partai Perindo, lanjutnya, bisa dimaknai sebagai awal dimulainya e-democracy.

Dia menuturkan, ke depan akan banyak perubahan. Dalam 2 tahun belakangan saja, lanjutnya, sudah banyak terjadi perubahan. 

"Tadinya seminar menjadi webinar, tadinya belajar tatap muka sekarang daring. Begitu juga nanti bisa pertemuan atau mengumpulkan masyarakat tidak lagi tatap muka langsung, tapi melalui online," ungkap Pria.

Baca juga : Mendagri Kembali Ingatkan Daerah Percepat Realisasi Belanja

Bahkan, lanjutnya, pemungutan suara pun bisa dilakukan dengan e-voting, yang mungkin bisa dilakukan di tahun 2024 atau 2029 mendatang. "Itu adalah sebuah keniscayaan. Para Caleg yang akan didapatkan oleh Partai Perindo sejak awal sudah dididik ramah terhadap teknologi untuk kemudian mereka terbiasa menggunakan sarana  ini," bebernya.

Dia menilai, susunan Dewan Konvensi Rakyat Partai Perindo yang di ketuai oleh Tokoh Nasional dan Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi sangat bagus.  

"Ada sahabat saya, rekan saya Pak TGB, itu bagus sekali," kata Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini.

Roy mengucapkan, selamat atas penyelenggaraan konvensi tersebut, dan berharap gagasan digital Partai Perindo ini juga bisa diikuti oleh partai-partai lain di masa mendatang. 

Seperti diketahui, Partai Perindo telah meluncurkan Konvensi Rakyat pada Kamis (25/11). 

Baca juga : Buru Gelar Konstruksi, Bottas Mau Beri Kado Terakhir

"Tembok pembatas untuk maju sebagai kandidat wakil rakyat telah ditembus oleh demokrasi berbasis digital yang pertama kali digagas, dibentuk dan diselenggarakan oleh Partai Perindo," kata Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. 

Dia mengatakan, ada tiga esensi tujuan Konvensi Rakyat ini digelar. Pertama, menunjukkan bahwa Partai Perindo adalah partai inklusif, partai yang terbuka bagi seluruh rakyat Indonesia, tanpa kecuali.

Kedua, memberikan kesempatan bagi seluruh putra-putri bangsa untuk menjadi wakil rakyat yang mumpuni, dan terbuka luas untuk semua Warga Negara Indonesia.

Ketiga, Konvensi Rakyat memberikan kemungkinan lebih maksimal  wakil-wakil rakyat Partai Perindo di dewan, baik itu parlemen tingkat nasional, tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota, adalah wakil-wakil rakyat yang memiliki kapasitas dan dapat memperjuangkan aspirasi Partai Perindo.

"Perlu keberanian untuk membuat kebijakan yang berpihak pada rakyat kecil, karena dengan begitu kita akan dapat mempercepat produktivitas rakyat kecil, sehingga menjadi produktif, dan bersama-sama yang lain yang sudah produktif membangun bangsa Indonesia untuk lebih cepat sejahtera," tegas Hary.

Baca juga : WeSing Gelar Kompetisi Karaoke Online, Hadiah Puluhan Juta

Dengan Konvensi Rakyat, lanjutnya, Partai Perindo akan memiliki anggota-anggota dewan yang mumpuni yang akan berjuang untuk tujuan tersebut. Kebijakan yang berpihak, lanjutnya, hanya dapat diperjuangkan apabila Partai Perindo memiliki wakil-wakil yang cukup di anggota dewan tingkat nasional, tingkat I, maupun tingkat II. 

Sebagaimana diketahui wakil rakyat, anggota dewan, adalah pembuat anggaran, pengawas jalannya pemerintahan, dan juga pembuat kebijakan.

"Saya ingin menegaskan kepada semua kader Partai Perindo, pengurus Partai Perindo, pada semua  yang ingin terlibat atau berpartisipasi di Konvensi Rakyat: Partai Perindo memiliki visi misi yang sangat mulia, bukan untuk dirinya sendiri, tapi untuk memperjuangkan kesejahteraan Indonesia," pungkasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.