Dark/Light Mode

Menteri PAN-RB Resmikan TASPEN Mal Pelayanan Publik Di Kabupaten Bandung

Rabu, 8 Desember 2021 20:12 WIB
Dari kiri: Direktur Perencanaan & Aktuaria TASPEN Wahyu Tri Rahmanto, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Bupati Bandung HM Dadang Supriatna, Wakil Bupati Bandung H Sahrul Gunawan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara peresmian TASPEN Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Bandung, Rabu (8/12). (Foto: Humas TASPEN)
Dari kiri: Direktur Perencanaan & Aktuaria TASPEN Wahyu Tri Rahmanto, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, Bupati Bandung HM Dadang Supriatna, Wakil Bupati Bandung H Sahrul Gunawan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam acara peresmian TASPEN Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Bandung, Rabu (8/12). (Foto: Humas TASPEN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai BUMN yang bergerak di bidang Jaminan Sosial, PT TASPEN (Persero) terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi pesertanya.

Saat ini, TASPEN membuka Mall Pelayanan Publik di Kecamatan Soreang, Bandung, Jawa Barat.

Mall Pelayanan Publik TASPEN ini secara langsung diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo, didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Kabupaten Bandung HM Dadang Supriatna, dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung H Sahrul Gunawan.

Dari TASPEN, ada Direktur Perencanaan & Aktuaria TASPEN Wahyu Tri Rahmanto, Direktur IT & Network Bank Mandiri Taspen Iwan Soeroto dan Branch Manager TASPEN KCU Bandung Andi Purwadi.

Peresmian dengan menerapkan protokol kesehatan itu digelar di Gedong Budaya Sabilulungan Kabupaten Bandung, Jawa Barat Rabu (8/12).

Baca juga : Polresta Malang Kota Kembali Raih Top 15 Inovasi Pelayanan Publik 2021 Kemenpan RB

“Saya menyampaikan apresiasi dan selamat atas terwujudnya pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik dan lebih cepat dengan mengintegrasikan pelayanan publik. Mudah-mudahan, langkah ini bisa ditiru oleh pemda-pemda lainnya di Indonesia," kata Menteri Tjahjo.

Sementara Direktur Perencanaan dan Aktuaria TASPEN Wahyu Tri Rahmanto menegaskan komitmen TASPEN, untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi peserta.

"Melalui TASPEN Mal Pelayanan Publik, kami berharap peserta menjadi lebih mudah mengakses layanan kami. Selain itu, kami berharap ke depannya akan dibuka lebih banyak Mal Pelayanan Publik di daerah lainnya. Sehingga, seluruh ASN di Indonesia dapat merasakan manfaat layanan TASPEN," papar Wahyu.

Pada kesempatan yang sama, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo beserta Direktur Perencanaan & Aktuaria TASPEN Wahyu Tri Rahmanto menyerahkan kartu peserta TASPEN (KPT) secara simbolis, kepada Bupati Kabupaten Bandung H M Dadang Supriatna dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung H Sahrul Gunawan.

KPT merupakan simbol identitas kepesertaan TASPEN bagi ASN aktif maupun pensiunan. Melalui program digitalisasi TASPEN, saat ini kartu fisik tersebut dapat diintegrasikan melalui aplikasi TASPEN Mobile yang dapat diunduh pada Play Store Android atau App Store iOS.

Baca juga : Produsen COMFORTA Spring Bed Resmikan Cabang ke 20 di Kalimantan Barat

“TASPEN sangat cepat tanggap melayani para ASN, terutama dengan hadirnya berbagai inovasi digitalisasi yang memudahkan para ASN di masa pandemi. Ini patut diapresiasi," tutur Menteri Tjahjo.

Selain menjadi kartu identitas peserta TASPEN, KPT juga memberikan fasilitas loyalty program bagi pemegangnya dalam bentuk potongan harga atau diskon, penambahan poin, voucher, bundling, penambahan fasilitas dan pelayanan tertentu.

Peserta TASPEN dapat menggunakan KPT pada kategori merchant food & clothing housing & utility, saving & investment, transportation, credit & installment, leisure & holiday, data & communication, dan sebagainya.

Direktur Perencanaan & Aktuaria TASPEN Wahyu Tri Rahmanto mengatakan, layanan Kartu Peserta Taspen atau TASPEN Smartcard memiliki nilai tambah berupa loyalty program.

"Ini merupakan bentuk inovasi kami untuk pelayanan maksimal kepada ASN, yang telah berkontribusi bagi Indonesia. Kami berharap inovasi layanan terbaru ini dapat memudahkan para ASN dalam menerima manfaat dari TASPEN," ujar Wahyu.

Baca juga : Wapres Akan Resmikan Monumen Pahlawan Covid Di Bandung

Selama masa pandemi, TASPEN menerapkan layanan digital untuk memudahkan peserta, salah satunya dengan menghadirkan digital otentikasi.

Layanan ini memungkinkan peserta melakukan otentikasi melalui smartphone dan mengambil hak pensiun langsung melalui ATM.

Untuk menghindari penularan Covid-19, TASPEN meluncurkan layanan TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Lebih lanjut, peserta pensiunan dapat mengakses layanan TASPEN melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim, mengajukan pertanyaan, dan keluhan.

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi laman website official www.Taspen.co.id, dan media sosial Facebook @Taspen, Twitter @Taspen, Youtube TASPEN, Instagram @Taspen.kita, dan Tiktok @Taspen.id. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.