Dark/Light Mode

DHL Antar Vaksin Pfizer Ke 24 Lokasi Terpencil Di Tanah Air

Rabu, 8 Desember 2021 21:50 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - DHL Global Forwarding, spesialis jasa pengiriman kargo dari Deutsche Post DHL Group ikut andil dalam pengiriman vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech ke wilayah di Indonesia.

Setidaknya, DHL Global Forwarding terlibat dalam pengiriman vaksin ke 24 lokasi yang belum terjangkau penerbangan umum karena tidak beroperasi atau kapasitas yang tidak mencukupi.

President Director DHL Global Forwarding Indonesia Vincent Yong mengungkapkan, pengiriman ke 24 lokasi tersebut menjalankan lebih dari 17 penerbangan carter.

Baca juga : Hadapi Nataru Makin Tenang

"24 lokasi tersebut di antaranya, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Barat, dan lainnya," ungkapnya, Rabu (8/12).

Menurutnya, pandemi Covid-19 membuat perjalanan domestik menurun secara signifikan dan menyebabkan pembatalan atau penangguhan penerbangan penumpang. Minimnya ruang angkut, kata Vincent, membutuhkan solusi.

Melalui kerja sama dengan maskapai penerbangan dan mitra pengiriman jarak jauh, DHL Global Forwarding berkoordinasi dengan Pfizer serta didukung oleh Pemerintah Indonesia, mengatur penerbangan carter yang diperlukan.

Baca juga : Joss, Negara Lain Naik, Inflasi RI Terkendali Di Level Rendah Dan Stabil

"Hal ini untuk memastikan kargo berharga tersebut dikirimkan dengan tepat agar tetap menjaga integritas cold chain," tuturnya.

Vincent menilai, sulitnya pengiriman vaksin ke wilayah terpencil disebabkan berkurangnya kapasitas angkutan udara yang tersedia akibat menurunnya lalu lintas penumpang pada tahun lalu.

DHL Global Forwarding ikut serta dalam mengatur penerbangan carter memastikan persetujuan peraturan yang diperlukan untuk melakukan distribusi vaksin ke berbagai lokasi.

Baca juga : Ingat Ya, ASN Haram Cuti Dan Pergi Ke Luar Daerah Di Masa Libur Nataru

Apalagi, pesawat memiliki batasan jumlah es kering (dry ice) yang dapat dibawa. Hal tersebut merupakan gabungan dari desain berbagai jenis pesawat, pedoman pabrik, serta persetujuan peraturan.

DHL menghargai dukungan dan bantuan dari Kementerian Kesehatan, BPOM dan Bea Cukai dalam memperlancar pengiriman vaksin ini ke berbagai provinsi.

“Untuk memindahkan vaksin yang dikemas dengan es kering memerlukan perencanaan yang sangat terperinci. Mulai dari menyediakan kendaraan berstandar tinggi yang memenuhi persyaratan distribusi vaksin hingga memastikan protokol keselamatan dan keamanan tersedia untuk menjamin kelancaran proses pengiriman vaksin dalam batas waktu yang telah ditentukan," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.