Dark/Light Mode

Bank Mandiri Kucurkan Kredit Rp 2,45 T Untuk Ekspansi Hutama Karya

Kamis, 9 Desember 2021 19:10 WIB
Foto: Dok. Bank.Mandiri
Foto: Dok. Bank.Mandiri

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyepakati kerja sama pembiayaan senilai total Rp 2,45 triliun kepada PT Hutama Karya (Persero), serta mitra supplier/kontraktornya yang akan digunakan untuk membiayai pengembangan bisnis BUMN Karya tersebut ke depan.

Dari nilai pembiayaan tersebut, sebesar Rp 2,2 triliun merupakan limit kredit modal kerja yang diberikan kepada Hutama Karya dengan masa pinjaman 12 bulan untuk membiayai proyek-proyek yang sedang digarap.

Baca juga : Bank DKI Pimpin Sindikasi BPD Salurkan Kredit Usaha Mikro

Sedangkan sebanyak Rp 250 miliar merupakan limit pembiayaan bagi mitra supplier/kontraktor Hutama Karya yang menggunakan skema invoice financing sebagai underlying.

Pembiayaan ini diberikan untuk mengoptimalkan pengelolaan likuiditas mitra supplier/subkontraktor agar proyek yang dikerjakan dapat sesuai jadwal.

Baca juga : Cak Imin: Medan Pilpres 2024 Terbuka Lebar Untuk Siapa Saja

Senior EVP Corporate Banking Bank Mandiri Arief Ariyana mengatakan, kerja sama ini merupakan sinergi strategis, mengingat Hutama Karya menjadi salah satu BUMN Karya yang ditugaskan untuk membangun sejumlah proyek-proyek infrastruktur strategis.

“Inisiatif pembiayaan value chain ini diharapkan dapat membantu Supplier/Sub Kontraktor dari Hutama Karya. Terutama dalam mendapatkan percepatan penerimaan pembayaran sehingga meningkatkan likuiditas keuangan dan kualitas pekerjaan proyek,” ucap Arief dalam keterangan resminya, Kamis (9/12).

Baca juga : Bank Mandiri Salurkan KUR Hingga Rp 31,75 T

Pembiayaan ini, lanjutnya, merupakan bentuk konsistensi Bank Mandiri dalam mendukung sektor bisnis menengah mengingat program ini dapat membantu memberikan solusi permodalan bagi pelaku usaha yang terdampak Covid-19, agar roda perekonomian dapat terus berjalan.

“Meski limit yang disepakati adalah Rp 250 miliar, kami tidak menutup kemungkinan adanya penambahan limit seiring dengan berkembangnya kerja sama antara kedua perusahaan," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.