Dark/Light Mode

Harga Minyak Dunia Naik, Harga LPG Indonesia Dinilai Perlu Koreksi

Jumat, 10 Desember 2021 11:12 WIB
Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan. (Foto: Ist)
Direktur Executive Energy Watch Mamit Setiawan. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Selain itu, menurut dia harga LPG di Indonesia jauh lebih murah jika dibandingkan dengan negara tetangga. Di Vietnam, harga LPG per November 2021 adalah sebesar Rp 23 ribu per kg, Filipina sebesar Rp 26 ribu per kg dan Singapura sebesar Rp 31 ribu per kg. "Jauh jika dibandingkan dengan Indonesia yang berada di level Rp 11.500 per kg," terangnya.

Menurut Mamit, penyesuaian harga ini bisa mendorong penggunaan kompor induksi di masyarakat sesuai dengan program dari pemerintah dan PLN.

Baca juga : Rayakan 88 Tahun, Unilever Indonesia Berikan Penghargaan Pada 10 Sosok Inspiratif

"Saya kira akan terjadi migrasi di kalangan menengah ke atas ke kompor induksi jika ada penyesuaian ini. Hal akan membantu PLN dalam mendorong terjadinya peningkatan konsumsi listrik rumah tangga di tengah masih over suplainya listrik untuk wilayah jawa dan sumatera," jelas Mamit.

Kenaikannya, tidak perlu terlalu tinggi agar tetap membantu masyarakat juga. Kenaikan di Rp 2.000 per kg, diyakininya masih bisa diterima oleh para pengguna LPG non subsidi.

Baca juga : Harga Cabe Makin Pedes

"Apalagi pengguna LPG non subsidi adalah masyarakat golongan menengah ke atas. Jadi tidak masalah dan tidak perlu ada gejolak terkait kenaikan harga LPG non subsidi ini," tandasnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.