Dark/Light Mode

Konsep AKHLAK BUMN Sukses Jadikan Bandara Soekarno-Hatta Jadi Tempat Yang Aman Dan Nyaman

Selasa, 14 Desember 2021 13:05 WIB
Konsep AKHLAK BUMN Sukses Jadikan Bandara Soekarno-Hatta Jadi Tempat Yang Aman Dan Nyaman

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) mengapresiasi seluruh staf bandara, yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang pesawat dan pengunjung.

Salah satu bentuk pelayanan terbaik ditunjukan oleh Raynaldi yang bekerja sebagai petugas kebersihan (cleaning service) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

 

 

Pada 9 Desember lalu, Raynaldi menemukan dompet berisi mata uang asing dengan jumlah setara Rp 130 juta di salah satu toilet di Terminal 3.

Setelah itu, sesuai prosedur, dia menyerahkan barang tercecer tersebut ke Personel Aviation Security (Avsec), yang kemudian dompet beserta isinya dikembalikan ke pemilik.

Baca juga : Trafik Pulih, Bandara Soekarno-Hatta Cetak Kinerja Positif

Sebelumnya, cleaning service yang bernama Halimah juga menemukan cek senilai Rp 35,9 miliar di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Cek tersebut kemudian sudah dikembalikan ke pemiliknya.

Beberapa waktu lalu, petugas cleaning service bernama Rivan juga pernah menemukan tas penumpang pesawat berisi uang Rp 20 juta di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Tas tersebut beserta isinya pun telah dikembalikan ke pemilik.

President Director of AP II Muhammad Awaluddin sangat menghargai jasa para staf bandara seperti Raynaldi dan Halimah, yang telah mewujudkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai tempat yang nyaman.

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh staf bandara, termasuk Raynaldi dan Ibu Halimah yang telah mampu menghadirkan rasa aman dan nyaman. Serta memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang pesawat. Menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai tempat yang aman dan nyaman," papar Muhammad Awaluddin. 

"Jika barang tertinggal di bandara AP II, kami imbau agar penumpang dapat melapor segera ke staf bandara. Kami pastikan, penumpang mendapat asistensi yang diperlukan. Bandara AP II juga telah dilengkapi dengan CCTV di berbagai titik untuk menjaga keamanan dan memantau barang tertinggal,” imbuhnya.

Di samping Raynaldi dan Ibu Halimah, staf lainnya di bandara-bandara yang dikelola AP II juga sudah memberikan pelayanan terbaik.

Baca juga : Bandara Soekarno-Hatta Siap Sambut Kedatangan Delegasi G20

Periode Januari - Desember 2021, staf bandara AP II menemukan sebanyak 150 barang yang sebagian besar tertinggal/tercecer di Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami bangga dan berterima kasih kepada staf bandara AP II karena telah menunjukkan penerapan nilai-nilai utama SDM AP II dalam bekerja seperti yang ditekankan Menteri BUMN, yakni mempraktikkan nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif atau dikenal dengan AKHLAK,” ujar Muhammad Awaluddin.

Melalui penerapan AKHLAK sebagai pedoman dasar dan nilai personal setiap karyawan, Muhammad Awaluddin yakin, AP II dapat semakin kuat sebagai pengelola bandara di Indonesia dan mencapai visi sebagai Airport Enterprise Leader in The Region pada 2024.

Reputasi Bandara

Pelayanan dan penerapan nilai AKHLAK oleh seluruh staf juga mampu menjaga reputasi Bandara Soekarno-Hatta, sebagai bandara yang mampu memberikan customer experience terbaik bagi para traveler.

Bandara Soekarno-Hatta tidak hanya dilengkapi fasilitas terkini dengan state of the art technology, sejalan dengan transformasi digital AP II. Namun juga diperkuat dengan SDM yang berdedikasi dalam menjalankan pekerjaan.

Baca juga : Keren, Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Sistem Face Recognition

“AP II menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah turut menjaga reputasi dan nama baik Bandara Soekarno-Hatta. AP II berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik, untuk terus meningkatkan daya saing Bandara Soekarno-Hatta di regional,” jelas Muhammad Awaluddin.

Sementara itu, PT Angkasa Pura Solusi (APS) yang menaungi petugas cleaning service di Bandara Soekarno-Hatta dan bandara AP II lainnya akan memberikan penghargaan kepada 150 petugas yang telah melaporkan adanga barang tertinggal/tercecer di terminal penumpang.

"Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi kami kepada petugas yang telah jujur dan menerapkan nilai utama AKHLAK dalam menjalankan tugasnya. Pemberian penghargaan ini juga bagian dari rangkaian 10 dekade APS," ujar Direktur Utama APS Dorma Manalu. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.