Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

IMI-Kadin Jalin Kerja Sama

Bamsoet Dorong Pengusaha Berinvestasi Di Industri Olahraga Otomotif

Jumat, 17 Desember 2021 21:12 WIB
Dari kiri: Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, dan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie, dalam penandatanganan MoU IMI-Kadin, di Jakarta, Jumat (17/12)
Dari kiri: Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, dan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia Anindya Bakrie, dalam penandatanganan MoU IMI-Kadin, di Jakarta, Jumat (17/12)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) yang bertujuan meningkatkan pengembangan industri dan olahraga otomotif, sekaligus pengembangan usaha kendaraan bermotor di Indonesia. Berbagai langkah akan dilakukan, antara lain Kadin akan mendorong dan memfasilitasi para pengusaha untuk berinvestasi di berbagai sektor industri olahraga otomotif dan kendaraan bermotor.

Sebagai langkah konkret, Kadin Indonesia bidang Industri Olahraga ditunjuk menjadi koordinator dan memfasilitasi pembentukan berbagai asosiasi pengusaha/perusahaan produsen/penyedia alat-alat olahraga, sarana dan prasarana olahraga otomotif. 

Baca juga : IMI-Ditjen Bea Cukai Sepakat Perlancar Kebutuhan Olahraga Otomotif Nasional

“Tidak hanya itu, Kadin juga akan memfasilitasi para pelaku industri usaha olahraga otomotif dengan lembaga di bidang pembiayaan, sehingga memudahkan pemberian skema pembiayaan jangka panjang dan tingkat suku bunga rendah," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, dalam penandatanganan MoU itu, di Kantor Pusat Kadin Indonesia, Jakarta, Jumat (17/12).

Turut hadir dari Pengurus IMI Pusat antara lain Bendahara Umum Effendy Gunawan, Waketum Mobilitas Rifat Sungkar, Waketum Olahraga Mobil Ananda Mikola, Waketum Digital Motorsport dan IT Tengku Irfan Bahran, Hubungan Antar Lembaga Junaedi Elvis, Erwin MP dan Guntur Muchtar, serta Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho. Pengurus Kadin yang hadir antara lain Ketua Dewan Pertimbangan Anindya Bakrie, Waketum Irawadi Hanafi, Triawan Munaf, dan Sarman Simanjorang.

Baca juga : RI Dan Jepang Perkuat Kerja Sama Kelautan Dan Perikanan

Ketua MPR ini menambahkan, tidak kalah penting, Kadin juga akan memfasilitasi dengan Pemerintah, agar para pengusaha/perusahaan yang menjadi 'bapak angkat' salah satu jenis olahraga otomotif, dapat diberikan insentif keringanan pajak atas bantuan tersebut. Sehingga bisa mendorong minat berbagai perusahaan untuk menjadi sponsor di salah satu cabang olahraga otomotif.

"Dengan demikian, pengembangan olahraga otomotif tidak lagi direpotkan dengan masalah dana, sehingga proses pembinaan atlet berjalan lancar, dan akan semakin banyak lagi lahir atlet balap berkualitas internasional dari Indonesia," jelas Bamsoet.

Baca juga : RI Siap Jadi Basis Produksi Dan Ekspor Industri Otomotif Jerman

Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan Kadin Indonesia ini menjelaskan, pada tahun 2022, IMI juga akan terlibat dalam pemajuan ekonomi nasional. Salah satunya melalui berbagai investasi yang akan didatangkan dalam membangun berbagai sirkuit balap. Antara lain, pembangunan Bintan Motorsport di Bintan, memanfaatkan luas lahan sekitar 500 hektar di kawasan Bintan, Batam. Di dalamnya terdapat sirkuit bertaraf internasional untuk menyelenggarakan Formula 1 dan MotoGP. Pembangunannya akan mendatangkan investasi hingga triliunan rupiah. Ground breaking rencananya dilakukan pada Januari 2022, bekerjasama dengan investor dari Singapura.

"Ada juga lahan sekitar 7 hektar di kawasan Pecatu, Bali, yang akan dikembangkan oleh IMI untuk membangun sirkuit karting bertaraf internasional. Serta lahan sekitar 150-200 hektar di daerah Jembrana, Bali, yang bisa dimanfaatkan untuk membangun sirkuit Formula 1. Ada juga lahan sekitar 85 hektar di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung yang akan dikembangkan IMI menjadi arena multisport, dari mulai sport otomotif, watersport, hingga aero sport," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.