Dark/Light Mode

Bank DKI Tebar Kredit Rp 1,1 triliun Untuk Ketahanan Pangan

Jumat, 24 Desember 2021 10:02 WIB
Bank DKI Tebar Kredit Rp 1,1 triliun Untuk Ketahanan Pangan

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank DKI mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas Presiden Jokowi. Untuk mewujudkannya, Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu kota Jakarta ini memberikan kredit modal kerja sebesar Rp 1,1 triliun kepada PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Persero guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

Penandatanganan perjanjian kredit tersebut, dilakukan oleh Direktur Keuangan Bank DKI, Romy Wijayanto dan Direktur Keuangan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), Thomas Hadinata di Jakarta.

Dalam keterangannya, Romy mengatakan, Bank DKI memberikan fasilitas Kredit Modal Kerja Revolving sebesar Rp 700 miliar dan penambahan fasilitas kredit senilai Rp 400 miliar kepada RNI.

Baca juga : Jelang Putaran Kedua Liga 1, Arema FC Datangkan Pemain Anyar

"Penyaluran kredit ini diperuntukkan sebagai tambahan modal kerja usaha perdagangan komoditas pangan dan juga mencakup agro industri, serta dapat dipergunakan untuk modal kerja anak perusahaan RNI," ujar Romy, Kamis (23/12).

Romy menjelaskan, PT RNI menjadi induk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada industri pangan sehingga dukungan modal kerja tersebut diharapkan dapat diandalkan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

"Modal kredit ini juga diharapkan dapat menjaga kestabilan harga produk komoditi pangan yang diproduksi oleh RNI," tutur Romy.

Baca juga : Bank DKI Beri Fasilitas Kredit Ke Ancol Rp 1,24 Triliun

Sebelumnya, Bank DKI telah menyalurkan kredit kepada RNI dan anak perusahaannya, di antaranya berupa kerja sama pemanfaatan produk dan layanan perbankan melalui "payroll" dan Kredit Multi Guna dengan Pabrik Gula (PG) Rajawali I pada 2021.

Penyaluran Kredit Modal Kerja kepada PG Rajawali 1 tersebut sebesar Rp 300 miliar, serta penyaluran Kredit Modal Kerja sekitar Rp 150 miliar kepada PT Rajawali Nusindo pada 2019 yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Penyaluran kredit Bank DKI kepada RNI merupakan upaya kolaborasi antara BUMN dan BUMD dalam mendukung ketahanan pangan nasional serta dalam mendukung persiapan RNI sebagai induk holding BUMN Pangan,” ujar Romy. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.