Dark/Light Mode

Dongkrak Perdagangan Ekspor, LPEI Bawa UKM Indonesia Di Pameran Expo 2020 Dubai

Jumat, 24 Desember 2021 13:45 WIB
Foto: Dok. LPEU
Foto: Dok. LPEU

 Sebelumnya 
Ketiga atau terakhir, Desa Devisa yang merupakan program pengembangan komunitas dalam suatu wilayah berbasis komoditas.

“Pada Pameran Expo 2020 Dubai kali ini kami bekerja sama dan berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan RI untuk membawa 13 UKM di pagelaran Dubai Expo 2020," jelas Agus dalam keterangan resminya, Jumat (24/12).

Baca juga : Goodbye Ekspor Bahan Mentah, Indonesia Siap Lompat Katak

Ke-13 UKM tersebut berasal dari ketiga program pendampingan dari Indonesia Eximbank yaitu CPNE, Marketing Handholding, dan Desa Devisa. Sektornya pun beragam, ada dari produk kelapa, handicraft, makanan dan minuman, serta perkebunan.

"Tujuannya tidak lain adalah untuk membantu meningkatkan potensi perdagangan ekspor Indonesia," imbuh Agus.

Baca juga : FIFGroup Borong Dua Penghargaan Tokoh Finansial Indonesia 2021

Meskipun tidak menetapkan target transaksi pada Pameran Dubai Expo 2020 kali ini, namun LPEI berharap bahwa pameran ini setidaknya bisa membuka daya potensi perdagangan Indonesia.

Selain itu, pada saat periode pandemi, LPEI juga tetap secara konsisten memberikan pelatihan yang efektif dan pendampingan kepada UKM atau para pelaku usaha.

Baca juga : Terapkan Strategi Jitu, LPEI Dorong UKM Tembus Pasar Global

Melalui program jasa konsultasi yang merupakan mandatnya ini, LPEI telah berhasil membentuk dan menciptakan 75 eksportir baru.

"Serta telah membawa 49 UKM masuk ke global marketplace, dan juga menciptakan dan mengakomodir setidaknya 27 desa devisa yang berdampak kepada 2.894 petani, penenun atau perajin," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.