Dark/Light Mode

Sidang Komisi Bersama Ke-13 Dan Pameran Industri INNOPROM, Mantapkan Hubungan RI-Rusia

Jumat, 24 Desember 2021 19:49 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Dubes Rusia untuk RI Lyudmilla Vorobieva di sela acara pertemuan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (23/12). (Foto: Humas Ekon)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Dubes Rusia untuk RI Lyudmilla Vorobieva di sela acara pertemuan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (23/12). (Foto: Humas Ekon)

 Sebelumnya 
Di bidang investasi, Rusia yang saat ini menempati peringkat ke-37 negara investor di Indonesia, diharapkan dapat meningkatkan investasinya di Indonesia.

Total investasi Rusia di Indonesia pada triwulan ke-III tahun 2021 telah mencapai 9,2 juta dolar AS dalam 280 proyek.

Baca juga : Ekspornya Meroket 52 Persen, Kinerja Industri Mamin Tetap Gurih

Menurut Menko Airlangga, masih terdapat banyak potensi kerja sama perdagangan dan investasi yang dapat dijajaki dan dieksplorasi lebih lanjut oleh kedua negara.

Salah satu kerja sama investasi yang saat ini sedang berjalan terkait pembangunan kilang minyak di Tuban, Jawa Timur, dan Blok Natuna, diharapkan dapat terealisasi sesuai rencana.

Baca juga : Bantu Korban Semeru, OJK Dan Industri Jasa Keuangan Kucurin Rp 750 Juta

Namun, keduanya sepakat untuk lebih mendorong kerja sama di bidang energi baru dan terbarukan. Seperti energi hidro dan hidrogen, serta pembangunan floating power plant sebagai langkah bersama dalam pengurangan emisi karbon.

Di samping isu bilateral, kedua pihak juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama melalui forum global. Terutama, melalui Presidensi Indonesia di G20 dan partisipasi Rusia pada pameran World Expo.

Baca juga : Polri dan Polisi Selandia Baru Kerja Sama Cegah Dan Berantas Kejahatan Transnasional

Dalam pertemuan tersebut, Menko Airlangga didampingi Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Edi P. Pambudi serta Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Eropa, Afrika, dan Timur Tengah Fajar Wirawan Harijo.

Sedangkan Duta Besar Lyudmila, disertai Kepala Trade Representative of the Russian Federation in the Republic of Indonesia dan wakilnya serta Sekretaris III pada Kedubes Federasi Rusia di Jakarta. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.