Dark/Light Mode

Pastikan Pemudik Aman, Satu Pesawat Di Ramp Check Bisa Sampai 3 Kali

Jumat, 7 Juni 2019 20:18 WIB
Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti saat melakukan ramp check di Bandara Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan, Jumat (7/6). (Foto: Antara)
Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B. Pramesti saat melakukan ramp check di Bandara Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan, Jumat (7/6). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar ramp check (inspeksi keselamatan) di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat (7/6). Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti.

Pesawat yang kena pemeriksaan adalah Garuda Indonesia. Polana didampingi para staf memeriksa sejumlah komponen pesawat dan menemui pilot yang sudah siap di ruang kendali. Menurut dia, pemeriksaan tidak hanya dilakukan saat Lebaran saja. Tapi dilakukan setiap pesawat mau terbang.

“Namun khusus di momen mudik Lebaran ini ditambah lagi pengawasannya," ujarnya.

Baca juga : Pasokan Cabe dan Bawang Merah Cukup, Harga Stabil

Dia memastikan, dari 546 pesawat yang melayani angkutan mudik Lebaran sudah dilakukan pemeriksaan semua. Bahkan, ramp check dilakukan lebih dari 1.000 kali. Ini artinya, satu pesawat bisa di periksa 2 sampai 3 kali.

Menurut dia, ramp check dilakukan untuk memastikan keamanan pesawat. Sehingga pemudik bisa terbang dengan nyaman dan aman.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil pengamatannya di seluruh bandara selama musim mudik sangat baik. Mulai layanan bandara sampai maskapai.

Baca juga : Harga Tiket Pesawat Rp 21 Juta Ulah Agen yang Jual Multirute

Menurut Polana, saat Lebaran, jumlah penumpang Bandara Syamsudin Noor mencapai 5.093 penumpang. Dimana untuk pergerakan pesawat ada 27 yang datang dengan jumlah penumpang 1.281 orang. Sedangkan yang berangkat dari Banjarmasin sebanyak 29 kali penerbangan dengan jumlah penumpang 3.812 orang.

"Untuk penumpang tertinggi di sini terjadi pada H-6 Lebaran 30 Mei 2019 yaitu 11.334 orang. Kemudian pergerakan pesawat tertinggi di H-3 dengan 91 pesawat," ujarnya.

Arus Balik

Baca juga : Sambut Pemudik di Pantura, Pertamina Tambah 25 Persen Suplai BBM

Polana mengatakan, siap menyambut arus balik yang diprediksi mulai H+2 atau Sabtu besok. Dia mengakui, tahun ini penurunan jumlah penumpang terjadi hampir di seluruh bandara.

Untuk itu, ke depannya dengan segala kebijakan dan pelayanan yang semakin baik, jumlah penumpang terus meningkat signifikan. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.