Dark/Light Mode

Raih PMN Rp 470 M, ITDC Kembangkan Tana Mori-Labuan Bajo

Senin, 27 Desember 2021 22:35 WIB
Ilustrasi Labuan Bajo. (Foto: Dok. PUPR)
Ilustrasi Labuan Bajo. (Foto: Dok. PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menerima penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 470 miliar untuk mengembangkan Tana Mori, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, penambahan PMN ini akan semakin meningkatkan kapasitas dan kemampuan perseroan dalam pengembangan dan pembangunan kawasan pariwisata bertaraf internasional di Tana Mori.

"PMN ini akan digunakan untuk membangun infrastruktur dasar dan utilitas, fasilitas penunjang, serta aset produktif," ujarnya, melalui keterangannya, Senin (27/12).

Baca juga : Teken MoU, KAI Kembangkan Perkeretaapian Di Kota Bogor

Menurut Abdulbar pembangunan ini bisa membuka akses jalan dari luar kawasan Tana Mori menuju area pengembangan Tana Mori.

Selain itu, dana ini juga akan digunakan untuk membangun fasilitas pendukung dan fasilitas meetings, incentives, conferences and exhibitions (MICE) bertaraf internasional.

"Pengembangan Tana Mori akan dilakukan dengan konsep green tourism dan mengedepankan prinsip pembangunan berkelanjutan," ujarnya.

Baca juga : PPP DKI: Kami Kehilangan Panglima Luar Biasa

Ia menilai, pemberian PMN juga memiliki beberapa manfaat bagi Pemerintah. Yaitu, mendukung pemulihan ekonomi sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19, mendukung pengembangan kawasan pariwisata baru di Indonesia.

Lalu, meningkatkan pendapatan daerah dan devisa bagi negara, menumbuhkembangkan industri pendukung kepariwisataan. Serta, menambah penyerapan dan peningkatan kualitas tenaga kerja.

PMN ini juga diharapkan mampu meningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita wilayah Tana Mori, menambah potensi penyerapan tenaga kerja (perhotelan dalam Kawasan) sebesar 2.327 orang. Termasuk, tersedianya lapangan kerja tidak langsung sebanyak 75.045 lapangan kerja.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.