Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Komoditas Ekspor, LPEI Kembangkan Garam Kusamba Kabupaten Klungkung

Selasa, 9 November 2021 15:32 WIB
Program pendampingan Desa Devisa, komoditas Garam Kusamba dari Kabupaten Klungkung, Bali. (Foto: Istimewa)
Program pendampingan Desa Devisa, komoditas Garam Kusamba dari Kabupaten Klungkung, Bali. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank melalui program pendampingan Desa Devisa, kembali mengembangkan komoditas unggulan desa. Kali ini komoditas Garam Kusamba dari Kabupaten Klungkung, Bali menjadi Desa Devisa ke-26.

Dalam mengembangkan Garam Kusamba ini, LPEI berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan Pemerintah Kabupaten Klungkung, yang sebelumnya dituangkan dalam Nota Kesepahaman dan menjadi poros program Desa Devisa Garam Kusamba Klungkung, yang memiliki visi untuk membawa garam lokal berkualitas menjadi lebih mendunia.

Baca juga : Mantan Pejabat LPEI Kompak Bungkam, Siapa Dalangnya?

Direktur Eksekutif LPEI, James Rompas mengatakan, Garam Kusamba sudah dikenal sejak masa Kerajaan Klungkung, sehingga perlu dikembangkan sebagai salah satu penghasil devisa.

Program Desa Devisa Garam Kusamba akan memberikan berbagai pendampingan mulai dari aspek produksi sampai pemasaran ke luar negeri.

Baca juga : Jajaki Pasar Ekspor UMKM, HIPMI Berangkatkan 50 Pengusaha Muda Ke Dubai

"Manfaatnya akan dirasakan hingga lebih dari 100 petani garam di Desa Kusamba dan Pesanggrahan, Kabupaten Klungkung,” ujar James dalam acara bertajuk Peresmian Desa Devisa Garam Kusamba, yang dikutip pada Selasa (9/11).

James menjelaskan, garam yang dihasilkan oleh petani yang tergabung dalam Koperasi Mina Segara Dana memiliki kualitas premium diolah secara tradisional. Dijemur di atas batang kelapa yang dibelah menjadi dua bagian, sebagai media jemurnya. Sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih, warna putih, tekstur halus dan rasa asin yang rendah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.