Dark/Light Mode

Hari Ini Diresmikan Jokowi, Bendungan Pidekso Siap Airi 1.500 Hektare Sawah Di Wonogiri

Selasa, 28 Desember 2021 16:59 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Pidekso di Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (28/11). (Foto: Humas Setkab)
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Pidekso di Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (28/11). (Foto: Humas Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Pidekso yang berlokasi di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Waduk Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, siang hari ini saya nyatakan diresmikan,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Baca juga : Hari Kedua Kunker Di Sultra, Jokowi Bakal Resmikan Bendungan Ladongi Dan Bendungan Pidekso

Bendungan Pidekso dibangun dengan total anggaran Rp 772 miliar. Proses pembebasan tanah untuk pembangunannya, dimulai sejak tahun 2014. Sedangkan pembangunan konstruksinya dilakukan sejak tahun 2017.

“Bendungan ini memiliki kapasitas 25 juta meter kubik dengan luas genangan 232 hektare. Ini bisa mengairi kurang lebih 1.500 hektare sawah di Kabupaten Wonogiri,” ujar Jokowi.

Baca juga : Smelter GNI Bisa Hasilkan Feronikel 18 Juta Ton Per Tahun

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, keberadaan sistem pengairan merupakan kunci untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia.

“Kalau kita ingin kemandirian pangan tercapai, kedaulatan pangan tercapai, ketahanan pangan tercapai, waduk adalah menjadi kunci, air merupakan kunci. Oleh sebab itu, kita bangun waduk di seluruh provinsi di tanah air kita,” ujarnya.

Baca juga : Hari Ini, Presiden Resmikan Bandara Ngloram Di Blora Jateng

Sebelum meresmikan Bendungan Pidekso, Kepala Negara juga telah meresmikan Bendungan Ladongi yang terletak di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

Dalam peresmian bendungan ini, Jokowi turut didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, serta Bupati Wonogiri Joko Sutopo. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.