Dark/Light Mode

Dexlite dan Pertalite Laris Manis

Antisipasi Kemacetan, Pertamina MOR I Siagakan 3 SPBU Motoris

Minggu, 9 Juni 2019 10:28 WIB
Selama arus balik, Pertamina siapkan bbm buat para pemudik (Foto: Humas Pertamina).
Selama arus balik, Pertamina siapkan bbm buat para pemudik (Foto: Humas Pertamina).

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama periode mudik 1- 6 Juni 2019, Satgas Rafi Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I mencatat peningkatan penyaluran BBM.

Konsumsi bahan bakar jenis bensin, dilaporkan meningkat 14 persen. Sebaliknya, penggunaan bahan bakar jenis diesel menurun 62 persen, akibat pembatasan kendaraan berat selama Lebaran.  

Pertalite menjadi pilihan pemudik, dengan persentase kenaikan konsumsi sebesar 25 persen. Atau setara 736 ribu liter per hari,” ujar Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo.

Baca juga : Pemerintah dan DPR Harus Antisipasi Dampak Perang Dagang

Meski begitu, Premium mencatat penyaluran terbesar hingga 2,2 juta liter per hari, kendati hanya naik sembilan persen di bawah Pertalite. Jumlah ini meningkat dibanding kondisi normal dua juta liter per hari.

 “Untuk kendaraan berbahan bakar diesel, pemudik memilih Dexlite, yang penggunaannya melonjak hampir 64 persen dibanding kondisi normal,” lanjut Roby.

Dex mengekor dengan peningkatan konsumsi 11 persen. Sedangkan Biosolar, menurun lebih dari separuh atau hanya 37 persen dibanding konsumsi normal.

Baca juga : Biar Ngacir, Pertamina Siagakan 10 SPBU Baru di Tol Trans Jawa

Peningkatan aktivitas yang signifikan terjadi di SPBU jalur Pekanbaru–Kampar. Umumnya, kendaraan yang menuju Sumbar bertujuan untuk wisata. Kondisi ini sudah diantisipasi Pertamina, hingga pasokan BBM tersedia mencukupi.  

Menghadapi arus balik, Pertamina menyiagakan pasokan BBM di Terminal BBM Dumai, Sei Siak dan Tembilahan. Jumlah stok BBM di ketiga TBBM, diyakini dapat mencukupi kebutuhan masyarakat hingga 20 hari ke depan.  

Untuk mengantisipasi potensi kemacetan akibat kendaraan yang kehabisan bensin, disiapkan pula tiga SPBU motoris. Masing-masing berlokasi di SPBU 14.284.631 Rantau Berangin, SPBU 14.284.653 Pasar Kampar, dan SPBU 14.287.665 Muara Basung.

Baca juga : Jelang Puncak Arus Balik, Pertamina Siagakan Pasokan BBM

SPBU motoris siap mengantar Pertamax dan Dexlite kemasan 30 liter jika terjadi kemacetan. Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas stok BBM, Pertamina juga menyiagakan satu SPBU kantong yang berlokasi di SPBU 14.284.657 Rimbo Panjang,.

SPBU Kantong memiliki kapasitas hingga 16.000 liter Premium. Sehingga, menambah stok Premium di SPBU 14.284.657 Rimbo Panjang menjadi total 46.000 liter.  

“Kami berpesan kepada pemudik yang akan kembali, agar menyiapkan kendaraan sebaik mungkin. Isilah BBM sebelum kurang dari separuh, demi menghindari penumpukan di SPBU tertentu. Tak usah khawatir, pasokan BBM telah kami siapkan," tutup Roby. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.