Dark/Light Mode

Baru 100 Hari Berada Di Blok Rokan

Pertamina Beri Beasiswa Dan Bantu Ratusan Usaha Kecil

Senin, 3 Januari 2022 11:10 WIB
Pendamping Desa Wisata Eni Sumiarsih menunjukkan kelapa jelly buatan pelaku UMKM Desa Wisata Koto Masjid, di Sentra Budaya Dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau, di Pekanbaru, Kamis (30/12/2021).
Pendamping Desa Wisata Eni Sumiarsih menunjukkan kelapa jelly buatan pelaku UMKM Desa Wisata Koto Masjid, di Sentra Budaya Dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau, di Pekanbaru, Kamis (30/12/2021).

RM.id  Rakyat Merdeka - Blok Rokan menguasai wilayah seluas 5 kabupaten yaitu Kabupaten Siak, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Kampar. Sehingga, ada jutaan penduduk yang tinggal mengelilingi sumber minyak terbesar di Indonesia itu.

Kehadiran Pertamina di Blok Rokan disambut suka cita. Mereka mengharapkan kesejahteraan dan taraf hidupnya bisa ikut meningkat. Pertamina menyadari hal itu. Karenanya, di 100 hari pertamanya berada di sana, selain mengebor minyak, Pertamina telah berbuat banyak untuk masyarakat sekitar. Yaitu membantu pendidikan, kesehatan dan ekonomi atau usaha kecil penduduk. Bahkan sejumlah desa binaan dikembangkan, diberi bantuan dan pendampingan.

Baca juga : CSR Blok Rokan Bantu Usaha Kecil Riau Survive

Bidang pendidikan, ada 60 beasiswa diberikan untuk mahasiswa yang berasal dari adat tempatan Suku Sakai, yaitu kelompok masyarakat pedalaman yang masih terasing dan hidup tradisional. Juga program inkubasi karir melalui kerja sama kemitraan dengan 8 perguruan tinggi untuk pelatihan dan meningkatkan kualitas SDM dosen dan mahasiswa. Anak muda yang kuliah nantinya bisa disiapkan bekerja di Blok Rokan. PHR juga memberikan pelatihan dan sertifikasi pada 50 pemudadi bidang Operator K3 Umum dan welder.

Di sektor Kesehatan, Pertamina aktif mencegah stunting, yaitu gangguan pertumbuhan pada balita. Perhatiannya khusus kepada sekitar 500-an ibu hamil dan balita.

Baca juga : CSR Blok Rokan Bantu UMKM Riau Survive

Bidang ekonomi, Pertamina membina 300-an usaha kecil menengah yang 75 persen pelakunya adalah perempuan. Agar keterampilan usahanya meningkat, ada bantuan sertifikasinya juga. Pertamina juga mengembangkan desa wisata kampung patin dan Rupat. Serta di sejumlah tempat lain, dilakukan pemberdayaan masyarakat melalui bantuan sapi untuk diternakkan.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, akan membimbing usaha-usaha kecil itu agar naik kelas menjadi Go Modern, Go Digital dan Go Global. Dia akan membantu akses digitalisasi usaha masyarakat di sana untuk bisa masuk ke website milik BUMN, sehingga pasarnya bisa lebih luas. “Ayo semangat semuanya ya,” kata Nicke kepada ibu-ibu yang membuka usaha kecilnya di Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau. Ini adalah gerai etalase produk UMKM. Untuk promosi sekaligus pemasaran dari 300 produk usaha kecil menengah di Provinsi Riau yang didirikan Pertamina.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.