Dark/Light Mode

Baru 100 Hari Berada Di Blok Rokan

Pertamina Beri Beasiswa Dan Bantu Ratusan Usaha Kecil

Senin, 3 Januari 2022 11:10 WIB
Pendamping Desa Wisata Eni Sumiarsih menunjukkan kelapa jelly buatan pelaku UMKM Desa Wisata Koto Masjid, di Sentra Budaya Dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau, di Pekanbaru, Kamis (30/12/2021).
Pendamping Desa Wisata Eni Sumiarsih menunjukkan kelapa jelly buatan pelaku UMKM Desa Wisata Koto Masjid, di Sentra Budaya Dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau, di Pekanbaru, Kamis (30/12/2021).

 Sebelumnya 
Pujian datang dari Eni Sumiarsih, salah seorang pendamping Desa Wisata Koto Masjid. Dia bilang, dukungan dari Pertamina sangat besar, sehingga desanya bisa berkembang bahkan menjadi juara tingkat nasional, menerima anugerah Desa Wisata dan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan.

Eni menceritakan, banyak potensi ekonomi di Koto Masjid, Desa Wisata yang didampinginya. Yaitu potensi ikan patin dan buah kelapa yang berlimpah.

Baca juga : CSR Blok Rokan Bantu Usaha Kecil Riau Survive

Setiap rumah di Koto Masjid punya kolam ikan patin. Makanya, tempat itu dikenal luas sebagai Kampung Patin. Hasilnya tidak main-main, yaitu 15 ton patin per hari. Setelah dilakukan pembinaan, ikan-ikan patin itu tidak dijual dalam keadaan segar saja tapi sekarang juga dijual produk olahannya. Kerupuk, otak-otak, ikan asap sampai nugget dan bakso. Sehingga menambah nilai jual.

“Ikan asap dan kerupuk ikan di Pekanbaru, banyak berasal dari Desa Koto Masjid,” ungkap Eni.

Baca juga : CSR Blok Rokan Bantu UMKM Riau Survive

Bagaimana dengan kelapa? Mereka juga kini meningkatkan produknya dengan menjual dalam bentuk dekla kelapa jeli. Atau puding kelapa. Produk ini sudah dipasarkan ke mana-mana. [SRF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.