Dark/Light Mode

Digitalisasi Usaha, Pelaku UMKM Youtap Raih Omzet Hingga 50 Persen

Selasa, 4 Januari 2022 15:41 WIB
Pedagang angkiringan, Arif Rachmat. (Foto: Istimewa)
Pedagang angkiringan, Arif Rachmat. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Alif menceritakan, di awal bisnisnya mulai berkembang, ia mengaku cukup pusing melihat catatan keuangan yang tidak rapi dan serba manual. Dalam sehari saja, jika ada pesanan lebih dari 20. Ia sangat kesulitan mengatur dan mengelola bon-bon kertas yang berserakan.

"Satu orang saja bisa banyak list-nya karena tiap sate atau gorengan yang diambil ditulis satuan/per item. Hal itu juga yang memutuskan saya bergabung menjadi merchant Youtap. Lewat fitur laporan keuangan digital sampai ke analisa pintar, saya merasa sangat terbantu,” tambah Alif.

Strategi lainnya yang diterapkan adalah menghadirkan inovasi pada suasana dan varian menu di angkringannya, seperti menghadirkan ambiance ala kafe dan menyediakan cita rasa makanan pedas yang berlevel.

Baca juga : BI Kembali Tahan Suku Bunga Di Level 3,5 Persen

Tidak sampai di situ , ayah dari satu anak ini juga memberikan inovasi kepada pelanggannya lewat penyediaan layanan pesan secara online melalui fitur PHP (Pesan dari Hape) Youtap, dan tidak jarang ia memberikan layanan delivery tanpa ongkir bagi pelanggannya di daerah Tasikmalaya.

Langkah inisiatif untuk meraih peluang tumbuh lewat implementasi layanan digital pada usaha Angkringan Pak Rachmat akhirnya mampu menjawab kebutuhan pasar hingga mendorong performa bisnisnya di tengah pandemi.

Layanan digitalisasi yang diadopsi pun membawa usahanya kini dikenal sebagai angkringan yang kekinian karena memungkinkan pelanggan membayar secara nontunai baik itu dari e-wallet, mobile banking, hingga QRIS.

Baca juga : Jadi Mitra Shopee, Pelaku Usaha Ini Raih Lonjakan Pendapatan

Langkah digital itupun pada akhirnya mampu membawa anak sulung dari dua bersaudara ini, meraih kenaikan omzet mencapai 50 persen setelah mengadopsi digital Youtap.

Dengan kesuksesan yang diraih, Alif mengajak pelaku usaha kuliner lainnya untuk pandai mengambil ceruk pasar dengan digitalisasi.

"Kemudahan teknologi serta kenyamanan yang Youtap berikan membuat saya mau untuk terus berkembang bersama Youtap,” pungkas Alif. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.