Dark/Light Mode

Disparitas Harga Terlalu Jauh, Pengamat: Sudah Waktunya Pemerintah Naikkan Harga Solar Nonsubsidi

Minggu, 9 Januari 2022 09:34 WIB
SPBU. (Foto: Ist)
SPBU. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
"Atau, pemerintah menilai pengguna solar subsidi selama ini sudah tepat sasaran sehingga subsidi solar menjadi tidak masalah buat pemerintah dan APBN," imbuhnya.

Baca juga : Pemerintah Sudah Siapkan Faskes Serta Obat-obatan

Menurut dia, setidaknya pemerintah mengoreksi harga solar subsidi agar rentang perbedaan harganya dengan solar non subsidi tidak sebesar seperti saat ini.

Baca juga : Kadin Dukung Kebijakan Pemerintah Jinakkan Harga Minyak Goreng

Selain itu, bisa juga dengan menetapkan penggunaan kepada jenis kendaraan tertentu, yakni hanya untuk kendaraan bermotor pelat nopol kuning dan maksimal roda enam saja.

Baca juga : Presidential Threshold 0 Persen Lahirkan Pemerintahan Lemah

"Ini seharusnya bisa dilakukan jika pemerintah merasa bahwa subsidi adalah beban terhadap APBN yang harus dikurangi dan jika tidak merasa sebagai beban apbn logikanya subsidi terhadap elpiji pun tidak pula jadi masalah buat APBN, dan ini akan dinilai adil oleh rakyat," tandas Sofyano. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.