Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kasus Covid-19 Merangkak Naik

Pemerintah Sudah Siapkan Faskes Serta Obat-obatan

Minggu, 9 Januari 2022 06:25 WIB
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus Covid di Tanah Air merangkak naik. Pemerintah langsung melakukan antisipasi. Menyiapkan rumah sakit, fasilitas kesehatan (faskes) hingga obat-obatan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, Pemerintah terus berbenah dan siaga mengantisipasi lonjakan Covid-19. Terutama, lonjakan kasus akibat penyebaran varian Omicron.

“Kalau kesiapan faskes, tentunya kita antisipasi dengan penambahan oksigen generator, ventilator, obat-obatan termasuk Molnupiravir dan Paxlovid,” beber Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 ini.

Berita Terkait : Kasus Korupsi PEN Daerah, Andi Merya Nur Didalami Soal Pemberian Sejumlah Uang Haram

Menurut Nadia, obat Molnupiravir akan digunakan jika terjadi lonjakan kasus Covid- 19. Molnupiravir diklaim ampuh mengurangi perburukan kondisi kesehatan pasien yang terpapar Covid-19. Obat buatan perusahaan Mercks tersebut sudah tiba di Indonesia pada 3 Januari lalu.

“Kalau sampai sejumlah itu (387 ribu kasus) per hari rasanya tidak. Perkiraan kami maksimum sekitar 20 ribu hingga 25 ribu,” kata dia.

Sebelumnya, Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) memprediksi, penambahan kasus harian Covid-19 di Indonesia bisa tembus 387.850 per hari pada 1 April 2022. Peningkatan itu dipicu oleh kasus Omicron yang juga diprediksi akan bertambah dengan cepat.

Berita Terkait : Kadin Dukung Kebijakan Pemerintah Jinakkan Harga Minyak Goreng

Lebih lanjut, Nadia meminta masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M). Dengan disiplin prokes, diharapkan lonjakan kasus Covid-19 tidak terjadi.

“Saat ini yang utama adalah mencegah, jangan sampai hal tersebut terjadi,” ujar Nadia.

Selain itu, lanjut Nadia, Pemerintah juga melakukan sejumlah upaya antisipasi. Seperti, pengetatan pintu masuk, memastikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di tempat publik, penguatan tracing, testing, dan treatment, serta mempercepat vaksinasi.

Berita Terkait : HNW Ingatkan Risiko Pemberlakuan PTM 100 Persen

Netizen mendukung langkah Pemerintah yang telah melakukan berbagai macam antisipasi menghadapi melonjaknya kasus Covid-19 usai libur Natal dan Tahun Baru. Bahkan, menurut @tinpkel, Pemerintah telah siap menghadapi lonjakan kasus varian Omicron.
 Selanjutnya