Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Bandara Kertajati Jadi Pusat Logistik, AP II: Tangkap Peluang Sektor Kargo

Senin, 10 Januari 2022 17:13 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri depan) saat meninjau Bandara Kertajati, Minggu (9/1). (Foto: Dok AP II)
Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri depan) saat meninjau Bandara Kertajati, Minggu (9/1). (Foto: Dok AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar Bandara Kertajati bisa menjadi pusat kegiatan logistik dan pemeliharaan pesawat (Maintenance, Repair and Overhaul/MRO). Untuk itu, seluruh stakeholder berkolaborasi dalam mendorong pengembangan Bandara Kertajati.

Seperti diketahui, Bandara Kertajati dimiliki oleh PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang mayoritas sahamnya dipegang oleh Pemprov Jawa Barat (83,20 persen), lalu PT Angkasa Pura II sebesar (14,62 persen), Koperasi Jabar (1,54 persen) dan PT Jasa Sarana (0,64 persen). Adapun AP II bertindak sebagai operator Bandara Kertajati.

Menhub melakukan peninjauan ke Bandara Kertajati dan melakukan pertemuan dengan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), PT Angkasa Pura II (AP II), PT GMF AeroAsia Tbk, dan AirNav Indonesia, Minggu (9/1).

“Kita harus gencar mensosialisasikan barang-barang apa saja yang bisa dikirim lewat Bandara Kertajati dan juga keunggulan biaya yang lebih efisien,”ujar Menhub dalam keterangan resminya, Senin (10/1).

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, perseroan mendukung arahan Menhub untuk menjadikan Bandara Kertajati sebagai pusat logistik dan MRO.

Baca juga : BKS Dukung Kertajati Jadi Pusat Logistik Indonesia, Bamsoet Happy

Ia menuturkan, pengembangan Bandara Kertajati sebagai pusat logistik tepat dilakukan pada tahun ini sejalan dengan tren positif kargo udara sepanjang 2021.

“Ini saat yang tepat mengembangkan Bandara Kertajati sebagai pusat logistik. Sektor angkutan penumpang pesawat masih dalam tahap pemulihan, tetapi sektor angkutan kargo udara sudah menunjukkan hasil positif," ujar Awaluddin.

 

 

Sebagai contoh, sepanjang 2021 pergerakan angkutan kargo di 20 bandara yang dikelola AP II, secara kumulatif total mencapai 945.547 ton atau naik cukup signifikan 24,6 persen dibandingkan dengan 2020.

Baca juga : Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Pasang 2 SPKLU Di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan

Ia mengatakan, peningkatan volume angkutan kargo ini utamanya dipengaruhi bergeliatnya sektor e-commerce.

Menurut Muhammad Awaluddin, Bandara Kertajati harus dapat menangkap peluang ini. Di mana pada 2022, AP II memperkirakan volume angkutan kargo akan semakin tumbuh didorong semakin bergeliatnya sektor e-commerce.

"Kami perkirakan volume angkutan kargo di 20 bandara AP II pada 2022 dapat mencapai total sekitar 1 juta ton," ucap dia.

Untuk itu, Bandara Kertajati dan bandara-bandara AP II, harus memastikan dapat mengakomodir kebutuhan seiring dengan tumbuhnya volume angkutan kargo ini.

Diakui Muhammad Awaluddin, BIJB telah memiliki rencana untuk membangun kawasan kargo e-commerce hub di Bandara Kertajati, sebagai fasilitas mendukung e-commerce khususnya terkait pengiriman barang/kargo.

Baca juga : Bamsoet Dukung Bali Jadi Pusat Wisata Rally Di Indonesia

Direktur Utama BIJB Muhamad Singgih mengatakan, e-commerce hub di Bandara Kertajati memiliki luas sekitar 68,4 hektare (ha). Bandara Kertajati akan membangun e-commerce hub, dengan luas sekitar 68,4 ha, dan berkapasitas hingga 500.000 ton per tahun.

"Saat ini sudah ada rancangan pengembangan untuk membangun e-Commerce hub ini,” jelas Singgih.

Lebih lanjut, Singgih menuturkan, Bandara Kertajati sebagai pusat logistik akan mendukung kawasan Rebana Metropolitan sebagai motor pertumbuhan ekonomi di wilayah Timur Laut Jawa Barat.

Ia mengatakan, menuturkan dengan dukungan dari berbagai pihak, Bandara Kertajati bisa meraih potensi pasar pemeliharaan pesawat yang besar.

"Karena sekitar 46 persen dari pesawat Indonesia masih melakukan pemeliharaan pesawat di luar negeri," kata Singgih.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.