Dark/Light Mode

Dukung Bandara Kertajati Jadi Pusat Logistik, AP II: Tangkap Peluang Sektor Kargo

Senin, 10 Januari 2022 17:13 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri depan) saat meninjau Bandara Kertajati, Minggu (9/1). (Foto: Dok AP II)
Menhub Budi Karya Sumadi (kedua kiri depan) saat meninjau Bandara Kertajati, Minggu (9/1). (Foto: Dok AP II)

 Sebelumnya 
Pengembangan MRO

Menhub Budi Karya meminta, agar pengembangan MRO yang dilakukan di Bandara Kertajati mengedepankan terobosan, inovasi dan teknologi terkini. “Harus ada terobosan dalam pengembangan MRO,” ucapnya.

Baca juga : BKS Dukung Kertajati Jadi Pusat Logistik Indonesia, Bamsoet Happy

Bandara Kertajati sendiri tengah mengeksplorasi berbagai peluang termasuk kerja sama dengan PT GMF AeroAsia Tbk guna menghadirkan layanan MRO yang inovatif, optimal dan sesuai standar global.

Menhub juga mengusulkan agar pengembangan MRO dilakukan di atas apron eksisting. Salah satu rencana pengembangan MRO yang mengedepankan inovasi dan teknologi terkini adalah, dengan membangun inflatable structure hangar di apron eksisting Bandara Kertajati.

Baca juga : Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Pasang 2 SPKLU Di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan

GMF AeroAsia memperkirakan pengoperasian inflatable structure hangar dapat dilakukan dalam waktu 5 bulan ke depan jika sudah mendapat persetujuan.

“GMF AeroAsia sendiri berminat membangun suatu kawasan AMO Center di Bandara Kertajati, yang terdiri dari learning services, component shop, engine shop, hangar/airframe maintenance, logistik center dan manufacturer,” ujar Direktur Utama GMF AeroAsia Andi Fahrurrozi.

Baca juga : Bamsoet Dukung Bali Jadi Pusat Wisata Rally Di Indonesia

Melalui AMO Center, kata Andi, Indonesia mendapat sejumlah manfaat yakni menjaga serta meningkatkan aspek keselamatan transportasi udara, percepatan pemulihan ekonomi, menarik minat investor, menambah devisa, memperluas lapangan kerja. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.