Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Metaroid Social NFT Marketplace, Tak Sekadar Jual Beli Karya Digital

Rabu, 12 Januari 2022 20:39 WIB
Metaroid Social NFT Marketplace. (Foto: Istimewa)
Metaroid Social NFT Marketplace. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dunia digital sedang ramai dengan NFT atau singkatan dari Non Fungible Token yang merupakan sertifikat digital untuk mengetahui keaslian suatu hasil karya di dunia maya. Dunia lisensi dan sertifikasi terganggu dengan munculnya NFT.

Setiap hal fisik atau digital dapat memiliki hak cipta dan menjadi berharga. Karena lisensi NFT dapat dilampirkan ke objek digital apapun, itu membuka cakrawala nilai untuk objek digital terbatas di dunia maya.

Sambutan ini semakin didukung oleh istilah Metaverse yang menggambarkan kemajuan dalam kehidupan selanjutnya. Kita dapat membuat, membeli, dan menjual barang virtual dari satu platform ke platform lainnya. Metaverse mengacu pada dunia maya yang secara terus menerus menghubungkan aspek dunia fisik dan dunia digital.

Baca juga : Bamsoet Dorong Proyek Mangkrak Di Nusa Dua Bali Segera Diselesaikan

Aftah Pasha Anugrah, Manager operationa Mesail Creative Hub (mchub.io) menyatakan, kini sudah bukan saatnya memasuki era transaksi digital saja. Tetapi masuk ke era sebuah karya digital yang dapat ditransaksikan telah dianggap memiliki nilai value yang tinggi.

Fungsi dari NFT menunjukkan bahwa salah satu cara apresiasi karya digital untuk para pembuat karya dengan adanya lisensi autentik untuk karya digital mereka. Kemajuan ini disambut oleh platform baru bernama metaroid.io NFT Marketplace dengan fitur media sosial pertama di Indonesia yang menjadi wadah apresiasi karya digital yang terdesentralisasi.

Platform baru ini menciptakan sebuah ekosistem yang dapat menghubungkan pengguna sebagai pencari karya digital, pencipta karya digital, hingga korporat berinteraksi dan bertransaksi karya digital tersebut.

Baca juga : Tak Seperti Hidupkan Kembali Sangkuriang

Social interaction, kata Pashamenjadi salah satu https://metaroid.io/kunci penting di metaroid.io, kreator NFT perlu membangun komunikasi dan rantai emosional agar pengguna dapat memahami nilai kreator yang terwujud dalam aset yang ini menjadi tujuan akhir terjadinya apresiasi karya tersebut.

Interaksi sosial dalam platform ini, lanjutnya, bukan hanya bertujuan untuk mengundang audience bertransaksi. Akan tetapi dapat diwujudkan ke dalam misi lainnya yang bisa menjadi sebuah aksi berdampak bagi sosial.

"Salah satu kreator sekaligus seniman ternama di dunia yaitu, Ananda Sukarlan telah mendaftarkan NFT karyanya di Metaroid yang bahkan telah terjual hampir Rp 1 milliar untuk sebuah aksi sosial yang digalang oleh pembelinya di marketplace metaroid.io," tuturnya.

Baca juga : Miris! NRW Juga Korban Pelecehan Seksual Di Kampus

Berbeda dari platform NFT lainnya, satu NFT yang dicetak di Metaroid akan dibuat menjadi sebuah folder yang terdiri dari seluruh dokumen lisensi berserta dengan karyanya. Salah satu bentuk konkretnya ialah, musisi dapat dengan mudah mencetak satu album lengkap berisikan beberapa objek digitalnya dalam satu folder.

Metaroid juga telah menggunakan format NFT mutakhir, yaitu 1155 yang memungkinkan sebuah aset digital beserta eksemplar otentiknya yang dapat diatur jumlahnya.

"Dengan format ini, seorang kreator dapat menghasilkan satu aset digital langka yang dapat ditransaksikan menjadi ribuan aset digital terbatas. Seperti 1 buah karya CD musik yang dapat didistribusikan menjadi berjuta-juta kopi yang masih berlisensi," tuturnya. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.