Dark/Light Mode

Dukung Minat Baca Masyarakat, Cabaca Tawarkan Buku Digital

Selasa, 16 Nopember 2021 17:50 WIB
Foto: Dok. Cabaca
Foto: Dok. Cabaca

RM.id  Rakyat Merdeka - Minat baca masyarakat Indonesia terus mengalami kenaikan. Laporan survei The Digital Reader 2020 memaparkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-16 dunia dengan penduduk yang memiliki lama waktu membaca rata-rata 6 jam per minggu.

Namun sayangnya, peredaran buku bajakan juga masih banyak ditemui di Indonesia. Salah satu alasan utamanya adalah karena harga buku resmi yang dianggap mahal dan sulit dijangkau.

Memahami hal ini, Cabaca hadir menyediakan kemudahan akses terhadap ratusan buku digital dengan harga yang lebih murah, sehingga para pembaca dapat menikmati buku asli tanpa harus merogok kocek yang dalam.

Berita Terkait : Wisata Bangkit, Sandiaga Hadirkan Lapangan Kerja Untuk Difabel

Co-Founder Cabaca Fatimah Azzahrah mengatakan, pihaknya merangkul seluruh masyarakat untuk mendukung dunia literasi Indonesia dengan membeli buku asli dan menghentikan penyebaran buku bajakan.

Berikut tiga alasan mengapa kita harus berhenti membeli dan membaca buku bajakan. Pertama melanggar hukum. Dengan membeli dan membaca buku bajakan, artinya kita mendukung praktik pelanggaran hukum.

Pasalnya, pemerintah Indonesia memiliki payung hukum yang melindungi berbagai karya cipta dan buku merupakan salah satu bentuk ciptaan yang dilindungi oleh undang-undang (Pasal 40 ayat (1) huruf a UU Hak Cipta).

Berita Terkait : KSP: Pengembangan KEK Mandalika Berdayakan Masyarakat Lokal

Kedua tidak menghargai karya sang penulis Menciptakan sebuah karya bukanlah perkara mudah. Para penulis biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan satu buku, bahkan hingga bertahun-tahun.

Ketiga kualitas buku yang kurang baik Pasti kamu juga sudah mengetahui bahwa buku bajakan biasanya memiliki kualitas yang kurang bagus, mulai dari tinta huruf yang kurang jelas, kualitas kertas yang tipis dan berbau, laminasi lem yang kurang kuat, hingga halaman buku yang hilang.

"Dengan semangat tersebut, kami berupaya menyediakan kemudahan akses terhadap ratusan koleksi buku dengan harga yang relatif murah, mulai dari Rp10.000," ujar Fatimah.

Berita Terkait : Bantu Kelola Bisnis UMKM, Mitra Bukalapak Luncurkan BukuMitra

"Kami terus menstimulasi minat baca masyarakat dengan menyediakan promo menarik, salah satunya promo cashback hingga 100 persen bersama ShopeePay," tambah Fatimah.

Cabaca menawarkan promo cashback hingga 100 persen untuk setiap transaksi menggunakan ShopeePay di Cabaca selama periode ShopeePay Super Online Deals dari tanggal 15-21 November ini. [NOV]