Dark/Light Mode

NFT Makin Ngehits

Kang Emil: Lewat Opensea, Lukisan Rp 500 Ribu Laku Rp 4,2 Juta

Kamis, 13 Januari 2022 23:14 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) sukses membantu menjualkan karya pelukis jalanan di Braga, Bandung lewat bursa NFT. (Foto: Instagram)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) sukses membantu menjualkan karya pelukis jalanan di Braga, Bandung lewat bursa NFT. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan, mulai tahun ini, provinsi yang dipimpinnya akan membuka akun khusus di platform digital @opensea, untuk membantu menjualkan karya para pelaku ekonomi kreatif (ekraf). Agar nilainya berlipat ganda.

Lewat akun Instagramnya, gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini mengaku telah membuktikan kecanggihan platform @opensea.

"Alhamdulillah, kami berhasil bereksperimen, menjualkan lukisan pelukis jalanan di Braga Bandung ini, yang biasanya Rp 500 ribu  melonjak 8 kali lipat menjadi Rp 4,2 juta atau 0,09 ETH di bursa NFT melalui platform @opensea," ungkap Kang Emil.

Baca juga : BST Di Kota Tangerang Disunat Rp 50 Ribu, Risma Geram

Karena itu, Kang Emil mendorong warganya untuk lebih melek teknologi dan beradaptasi dengan kemajuan zaman. Demi mencapai kesejahteraan.

"Ini dunia baru, cara baru untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. Ayo hijrah dan beradaptasi," ajaknya.

Kisah sukses NFT juga telah dibuktikan seorang mahasiswa bernama Ghozali, yang berhasil menjual 933 foto selfie di depan komputer, dengan total valuasi lebih dari Rp 16 miliar.

Baca juga : Dilelang KPK, Land RoverMarkus Nari Laku Rp 550 Juta

NFT adalah aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi, yang bisa digunakan untuk membeli sesuatu secara virtual.

Aset digital tersebut dapat berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya.

NFT memiliki beberapa keunggulan, terutama pada aspek keasliannya. Konsep NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli, tanpa ada yang bisa menirunya.

Baca juga : Jatah Bansos Yang Ditilep Juliari Bukan Rp 10 Ribu, Tapi Rp 11 Ribu Per Paket

Jual beli NFT yang menyertakan bukti kepemilikan dalam bentuk sertifikasi antara lain digelar di situs Nifty Gateway, Mintable, Rarible, dan OpenSea. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.