Dark/Light Mode

Bos KADIN: RI Sudah Keluar Dari Krisis, Layak Jadi Pusat Investasi Dunia

Selasa, 18 Januari 2022 17:21 WIB
Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid (Foto: Istimewa)
Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia optimis, Presidensi B20 2022 akan membawa Indonesia keluar dari krisis ekonomi, dan dampak yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19.

Forum ini akan mempertemukan pemimpin bisnis perusahaan multinasional, organisasi dan komunitas bisnis dari seluruh negara anggota G20, yang akan memberikan rumusan dan masukan mengenai pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Pertemuan atau KTT ini menjadi ajang global untuk membahas isu-isu penting, krusial dan prioritas dalam bidang ekonomi dan bisnis serta pemulihan pasca pandemi.

"KADIN Indonesia yakin dan percaya, pemerintah bersama para pemimpin bisnis di negara-negara yang tergabung dalam Forum G20 memiliki kemampuan, kredibilitas untuk keluar dari krisis pandemi,” ujar Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid, Selasa (16/1).

Baca juga : John Riady: Sekarang Waktu Yang Tepat Investasi Properti

Arsjad yang juga menjadi Penanggung Jawab B20, melalui Forum B20 menuturkan, KADIN Indonesia dan komunitas bisnis internasional bisa membantu pemerintah untuk memformulasikan, merumuskan, dan merekomendasikan serta mengadvokasi kebijakan yang terkait pemulihan sosial ekonomi menjadi policy paper.

Forum B20 ini, mengambil tema Kemajuan Inovatif, Inklusif dan Pertumbuhan Kolaboratif yang sejalan dengan G20.

Arsjad bilang, tujuan utama tema besar itu mengarah pada stimulus pemulihan yang lebih kuat, dan memiliki dampak berkelanjutan bagi semua negara. Terutama, negara-negara Asia yang terkena dampak Covid-19 cukup parah.

Menurutnya, ada tiga kunci utama dalam tema itu. Pertama, melanjutkan pemulihan dan pertumbuhan kolaboratif, dengan memfasilitasi kerja sama lintas batas untuk bersama-sama pulih lebih kuat.

Baca juga : Bamsoet Cek Kesiapan Kertajati Jadi Bandara Pusat Logistik Indonesia

Kedua, meningkatkan ekonomi global yang inovatif dengan memanfaatkan potensi kemajuan teknologi dan kreativitas yang pesat.

Ketiga, menempa masa depan yang inklusif dan berkelanjutan melalui pemberdayaan perempuan dan UMKM, serta melestarikan bumi layak huni.

KADIN Indonesia juga akan mengaktualisasikan regulasi ke dalam investasi konkret, dengan menggunakan forum B20 sebagai partnership platform dunia usaha.

Untuk mencapai tujuan itu, komunitas bisnis atau pengusaha perlu bekerja sama dengan pemerintah dalam merealisasikan proyek proyek berskala besar. Supaya bisa memberikan dampak positif yang besar kepada masyarakat dan negara.

Baca juga : Ketua KPK: Jangan Ada Lagi Korupsi Dalam Perizinan Investasi Dan Usaha

“Forum B20 ini jadi kesempatan kita, sektor swasta dan pemerintah, untuk mendorong kebijakan yang lebih pro investasi. Demi tercapainya proyek-proyek nasional menuju Indonesia Emas tahun 2045. Indonesia yang maju, sejahtera dan mandiri seperti yang dicita-citakan oleh Presiden Jokowi,” jelas Arsjad.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.