Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

CVT Dan Kontrol Traksi Bikin New Xpander Enak Dibawa Nanjak Ekstrem

Rabu, 19 Januari 2022 15:16 WIB
Mitsubishi New Xpander. (Foto: ist)
Mitsubishi New Xpander. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu perubahan pada Mitsubishi New Xpander  dan New Xpander Cross adalah transmisi otomatisnya. Kini mobil andalan Mitsubishi itu menggunakan transmisi CVT dari sebelumnya konvensional.

Dengan menggunakan transmisi CVT, perpindahan transmisi di New Xpander dan New Xpander Cross jadi lebih baik, nyaman, dan memberikan efisiensi. Transmisi CVT yang ada di New Xpander juga memberikan kemampuan menanjak yang lebih baik terutama berkat dipasangnya fitur kontrol traksi. 

Apalagi transmisi CVT ini dipadukan dengan mesin yang sama, yakni 1.5L MIVEC DOHC 16 katup spesifikasi Euro4. Dapur pacu ini menghasilkan tenaga maksimum 105 PS atau setara 103 tk pada 6.000 rpm, torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Baca juga : Pakai Suspensi Baru, New Xpander Makin Nyaman

Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Hikaru Mii mengatakan, ada sejumlah alasan yang mendasari perubahan sistem transmisi otomatis pada New Xpander dan New Xpander Cross.

“Salah satu penyempurnaan luar biasa adalah penyematan CVT dari konvensional,” ujar Hikaru Mii, belum lama ini.

Dengan ubahan pada sektor transmisi, performa Xpander facelift bisa dibilang memiliki karakter yang berbeda dari model sebelumnya. Low MPV ini diklaim dapat memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajam.

Baca juga : Tangan Dingin Lutfi Bikin Neraca Dagang Cetak Rekor

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan, CVT sudah menjadi teknologi wajib untuk mobil-mobil jaman sekarang. Karena dengan CVT, friksi yang terjadi sangat sedikit. 

Dengan friksi yang sedikit mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan. Menurut dia, saat mencoba dengan berbagai tipe jalanan yang sangat terasa adalah saat mencapai 3.000 rpm ke 3.500 rpm seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali. 

“Lancar sekali dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada,” ujarnya.

Baca juga : Punya Fitur Canggih, Biaya Perawatan New Xpander Nggak Naik

Menurut dia, hal ini berbeda dengan Xpander yang lama. Kick down memang ada tapi dipertahankan di rpm tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.