Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Impor Baja Masih Terjadi Di Industri Hulu

Kamis, 27 Januari 2022 13:03 WIB
Ilustrasi industri baja. (Foto: ist)
Ilustrasi industri baja. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Impor baja di industri hulu masih tinggi. Padahal pemerintah sudah memberikan banyak fasilitas untuk industri ini.

Developer dan  Ketum ILUNI FTUI 2018-2021, Cindar Hari Prabowo mengatakan, industri baja nasional merupakan import processing industry. Ini artinya industri baja nasional akan mati jika tidak mendapat pasokan bahan baku baja impor. 

“Dengan data dari BPS, dapat dilihat hampir 50 persen industri nasional memperoleh bahan baku  baja dari impor karena tidak dapat dipasok dari industri hulu baja nasional,” ujarnya, Kamis (27/1).

Baca juga : Sah, Jadi Istri Ello

Hal tersebut dikatakan dalam diksusi terbatas secara online yang bertema Industri Baja Terkini. Acara ini dihadiri oleh pengusaha dan pelaku kebijakan nasional.

Menurut Cindar, total impor baja nasional dapat dibagi menjadi dua bagian besar. Pertama, impor baja dengan tanpa Lartas (pengendalian pemerintah) seperti slab, billet dan ore terlihat naik sejak beberapa tahun terakhir. Pada 2019, impor baja tanpa lartas sebesar 4,7 juta ton, dan di 2021 mencapai 5,22 juta ton atau naik 11 persen.

“Artinya, industri hulu dalam negeri hanya asik mengimpor bahan baku tersebut tanpa ada usaha yang sungguh sungguh membuat dengan berbagai alasan seperti furnace-nya dengan teknologi terbatas bahkan ada yang tidak beroperasi. Mereka juga beralasan jika memproses sendiri harganya mahal, sehingga mending impor,” paparnya.

Baca juga : Subsitusi Impor Jalan, Industri Baja Makin Kuat

Padahal sudah banyak proteksi yang diberikan baik harga gas, BMAD, fiskal, PMN. Oleh karena itu, Indonesia harus segera melakukan reformasi industri hulu nasional agar tidak terjadi teriak teriak banjir impor setiap tahun. “Hanya modus untuk menutupi ketidakmampuannya di depan publik,” imbuhnya.

Sementara baja yang di Lartas pengendalian pemerintah menurut data BPS 2021, justru mengalami pengendalian terukur. Data 2019, impor baja di lingkup Lartas sebanyak 7,89 juta ton dengan program subtitusi impor terlihat baja lartas pada  2021 sebesar 6,35 juta ton atau turun sebanyak 19,5 persen.

“Kita semua harus jujur. Kita acungkan jempol buat pemerintah,” ungkapnya. 

Baca juga : Korupsi Sebagai Produk Industri Hukum

Dengan demikian, ada peningkatan produksi dalam negeri yang menggeser kebutuhan impor baja menuju penggunaan produk dalam negeri mulai dari produk antara hingga produk turunan baja. Hal ini sangat mendongkrak investasi baja nasional.

“Kalau dilihat sebaran impor memang sangat  ironis, impor justru didominasi oleh produsen di sektor hulu dan antara. HRC, baja gulungan canai dingin (Cold Rolled Coil/CRC), dan baja lapis mendominasi 71,6 persen dari total impor baja yang dikendalikan pemerintah, oleh karena itu kami menilai ada ketidakmampuan perusahaaan baja di sektor hulu,” tandasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.