Dark/Light Mode

Meeting B20 Indonesia Resmi Dibuka

Ketua Kadin Dorong Pebisnis Berbagi Informasi Dan Teknologi

Sabtu, 29 Januari 2022 08:10 WIB
Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Twitter/KADIN_Indonesia).
Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid. (Foto: Twitter/KADIN_Indonesia).

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia memulai forum bisnis B20. Momentum ini diharapkan dapat mendukung upaya pemulihan ekonomi global.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyelenggarakan Inception Meeting atau pertemuan pendahuluan Presidensi B20 Indonesia Summit 2022, Kamis-Jumat (27-28) Januari di Jakarta.

Baca juga : Usai Libur, Singo Edan Bersiap Hadapi Persipura

Acara ini dibuka oleh Presiden Jokowi secara daring dari Istana Bogor. Hadir dalam acara ini, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid, dan duta besar negara-negara sahabat yang tergabung dalam G20.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menerangkan, sebagai Presidensi G20 tahun 2022, Indonesia akan fokus pada tiga isu utama. Yakni memperkuat arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi.

Baca juga : Pelatih Alfredo Bela Dua Pemain Asing Persipura Yang Masih Mandul

“Kami berharap, komunitas B20 bisa memberikan tawaran konkret yang akan menjadi legacy ndonesia sebagai Presidensi G20 dengan menekankan kemitraan publik dan swasta global demi dunia yang adil dan berkelanjutan,” kata Jokowi, dalam sambutannya secara daring, Kamis (27/1).

Seperti diketahui, perekonomian global saat ini sedang menghadapi tantangan pemulihan yang tidak merata dan ketidakpastian global, yang berdampak pada perekonomian negara berkembang dan maju, baik bagi negara anggota G20 maupun di luar G20.

Baca juga : Asyik, Skuad Macan Kemayoran Refreshing Bermain Arung Jeram

Untuk itu, dalam mendukung G20 agar dapat mencapai pertumbuhan yang inklusif, kuat dan berkelanjutan, Forum B20 diharapkan dapat menjembatani antara konsep dan ide dengan aksi nyata.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan yang dimotori Kadin Indonesia ini diharapkan dapat menjadi media diskusi antara Pemerintah dengan seluruh pemangku kepentingan, baik di tingkat regional maupun global.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.