Dark/Light Mode

Menteri Teten: 50 Persen Lebih Usaha Mikro Dijalani Oleh Perempuan

Senin, 31 Januari 2022 13:17 WIB
Menkop UK Teten Masduki. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menkop UK Teten Masduki. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menyampaikan, perempuan pada nyatanya memiliki kekuatan.

"Melihat dari jumlah penduduk Indonesia saja, jumlah penduduk perempuan 49,48 persen dari populasi Indonesia. Berarti kalau kita bandingkan dengan laki-laki, kita setara," ucap Bintang.

Baca juga : Menteri Teten Ingin Produk UMKM Bersaing Di Pasar Dunia

Melihat dari segi ekonomi, data McKinsey Global Institute Analysis (2018) menyimpulkan bahwa Indonesia dapat meningkatkan PDB sebesar 135 miliar dolar AS per tahun pada 2025, dengan syarat jika partisipasi ekonomi perempuan ditingkatkan.

Incoming Chair International Council for Small Business Hermawan Kartajaya mengamini, sebagian besar pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan. Untuk itu, kreativitas sangat diperlukan UMKM. Tanpa kreatif, tidak akan ada inovasi. Inovasi adalah solusi baru untuk customer.

Baca juga : 30 Persen Kudu Dirawat, Satu Persen Meninggal...

“Harus ada enterpreneur yang memutuskan apakah inovasi ini bisa jalan atau tidak dengan segala macam pengambilan resiko dan kolaborasi,” ujar Hermawan [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.