Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Genjot UMKM Naik Kelas, Borong Indonesia Gandeng Wiranesia Foundation

Selasa, 1 Februari 2022 21:17 WIB
Country Manager Borong Indonesia Ronald Sipahutar dan Pendiri Wiranesia Foundation, Faransyah Agung Jaya. (Foto: Ist)
Country Manager Borong Indonesia Ronald Sipahutar dan Pendiri Wiranesia Foundation, Faransyah Agung Jaya. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Borong Indonesia resmi menggandeng Wiranesia Foundation, sebuah organisasi think tank yang didirikan oleh Faransyah Agung Jaya, atau yang lebih akrab dikenal dengan panggilan Coach Faran.

Country Manager Borong Indonesia Ronald Sipahutar mengatakan, kolaborasi Wiranesia dan Borong itu dilakukan untuk membantu UMKM naik kelas.

Terutama, dengan memanfaatkan langkah pertama menjadi penjual di sebuah e-commerce populer, sebelum akhirnya dapat membangun dan memiliki sebuah home commerce yang dapat dikelola secara mandiri. Ronald meyakini memiliki home commerce merupakan lompatan yang harus dilakukan UMKM di era digital ini.

Baca juga : Gandeng 1000 Mitra, Good Doctor Technology Indonesia Perkuat Layanan Kesehatan

"Di mana UMKM tidak hanya punya kontrol penuh atas seluruh kegiatan commercenya, tapi juga memiliki akses untuk melakukan program retensi via database pelanggan yang dimiliki. Tentunya, memiliki home commerce sendiri akan menjadi sebuah tanda kredibilitas sebuah usaha di era digital ini," ujarnya, Selasa (1/2).

Saat ini, lanjut dia, transformasi digital UMKM banyak sekali terhenti hanya dengan menjadi penjual di platform e-commerce.

Mereka sulit berkembang akibat ketergantungan atas program insentif dari pemilik e-commerce dan tidak memiliki akses ke database pengunjung atau pembeli di tokonya.

Baca juga : Dukung UMKM Naik Kelas, Tjufoo Investasi Rp 1,8 T

"Dengan tidak adanya kemampuan akses ke database pengunjung toko, maka akan membuat sebuah bisnis sulit untuk berkembang pesat, karena tidak memiliki customer lifetime value (CLV) yang panjang," tutur Ronald.

Sementara itu, Pendiri Wiranesia Foundation, Faransyah Agung Jaya mengatakan, bersama Borong pihaknya telah memiliki strategi untuk menaikkan kelas UMKM.

UMKM binaan Wiranesia akan mendapatkan pelatihan mendalam untuk terbiasa dalam mengelola official store secara mandiri didalam Wiranesia Community Commerce yang disediakan oleh Borong sebelum membangun home commerce mereka.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.