Dark/Light Mode

Transformasi Digital

AP II Siapkan Airport Metaverse Guna Dukung Operasional Dan Layanan Bandara

Selasa, 1 Februari 2022 23:55 WIB
Jajaran direksi AP II saling bertemu dan berkomunikasi di dunia digital dalam Rapat Pimpinan Kuartal 1-2022 (Foto: Dok. AP II)
Jajaran direksi AP II saling bertemu dan berkomunikasi di dunia digital dalam Rapat Pimpinan Kuartal 1-2022 (Foto: Dok. AP II)

 Sebelumnya 
Pada tahap awal, AP II akan mengembangkan 3 program yang memanfaatkan metaverse yaitu:

- Airport Metaverse Learning
AP II mengembangkan modul dan metode pelatihan untuk mendukung keandalan operasional bandara. Memanfaatkan metaverse, pelatihan dapat dilakukan secara cepat dan sekaligus di satu tempat (dunia digital) dengan jumlah tim yang banyak dan berasal dari berbagai bandara. 

Baca juga : Tinjau Lokasi IKN, Kapolri Ingin Pastikan Proses Pembangunan Berjalan Lancar

Pelatihan memanfaatkan metaverse ini lebih optimal dalam membuat standard operating procedure (SOP) yang dijalankan staf bandara tetap terjaga di seluruh bandara AP II. Di samping itu, kesolidan tim di seluruh bandara AP II dapat semakin kuat karena pelatihan yang lebih sering dilakukan bersama-sama.

“Staf di 20 bandara dapat mengikuti langsung secara bersama-sama pelatihan melalui Airport Metaverse Learning. Ini tentunya suatu terobosan dan inovasi yang sangat baik dalam mengoptimalkan program pelatihan,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Baca juga : Transformasi Sistem Kesehatan Manfaatnya Kudu Terasa Di Rakyat

- Tourism Activity Center
Memanfaatkan metaverse, masyarakat luas dari berbagai lokasi dapat mengetahui dan merasakan pengalaman seluruh layanan serta fasilitas yang ada di bandara-bandara AP II. Di samping itu, pengguna juga dapat mengenal dan merasakan pengalaman berkunjung ke berbagai destinasi wisata di suatu wilayah di mana terdapat bandara AP II. Melalui metaverse, pengguna dapat saling berinteraksi termasuk juga berkomunikasi langsung dengan staf AP II. 

- Augmented Airport Experience
AP II mengembangkan Augmented Airport Experience yang dapat digunakan pengunjung bandara atau penumpang pesawat untuk sebagai alat navigasi melalui gadget untuk menuju berbagai lokasi di bandara, misalnya: boarding lounge, restoran atau tenant tertentu. “Teknologi ini membantu pengunjung bandara atau penumpang pesawat untuk dapat lebih tepat memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai kegiatan di bandara AP II,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Baca juga : 50 Persen Produk Jualan E-Commerce Berasal Dari China

Program Airport Metaverse yang dicanangkan AP II ini ke depannya juga akan didorong untuk melibatkan berbagai stakeholder antara lain maskapai dan mitra usaha komersial di bandara. Muhammad Awaluddin menuturkan, melalui kolaborasi berbagai stakeholder maka akan terwujud ekosistem Airport Metaverse di bandara-bandara AP II.

“Airport Metaverse merupakan bentuk adaptasi AP II guna memastikan Airport Hospitality Experience tetap terjaga dan meningkat di tengah perkembangan global," ujar Muhammad Awaluddin. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.