Dark/Light Mode

IDSurvey Dan Sejumlah BUMN Teken Kerja Sama Project Dekarbonisasi

Kamis, 3 Februari 2022 10:31 WIB
Dari Ki-ka: Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, Direktur Utama PT. EMI Widodo Wegig Raharja, Direktur Utama PT BKI Rudiyanto, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan
Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarves Nani Hendiarti, di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (2/2). (Foto: Istimewa)
Dari Ki-ka: Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, Direktur Utama PT. EMI Widodo Wegig Raharja, Direktur Utama PT BKI Rudiyanto, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarves Nani Hendiarti, di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (2/2). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Lebih lanjut Pahala mengatakan,  melalui efisiensi energi, migrasi, atau perubahan jenis energi yang mungkin memiliki emisi yang lebih tinggi agar dapat diubah menuju emisi yang lebih rendah.

“Ada dua hal lain yang juga sudah diidentifikasi, yaitu bagaimana kita bisa melihat pengembangan dari usaha line of business yang mungkin akan bisa menjadi pendorong untuk menurunkan emisi," ungkapnya.

Mantan bos Bank BTN itu mencontohkan, penurunan emisi melalui pengembangan ekosistem EV (EV Battery) pada kendaraan roda dua dan roda empat, pengembangkan Green Industry Cluster, geothermal, dan energi baru dan terbarukan (EBT).

Baca juga : Kementan Dan ICMI Perkuat Kerja Sama Bangun Pertanian

"Ini inisiatif-inisiatif yang sudah kita identifikasi dan mulai kita lakukan perhitungan secara matang untuk melihat kontribusinya pada penurunan emisi 29 persen di 2030. Ini memerlukan validasi dan verifikasi bersama-sama,” bebernya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama BKI Rudiyanto mengatakan, pilot project kolaborasi antar BUMN untuk dekarbonisasi ini akan menjadi pilot perdagangan karbon yang dapat mendukung terpenuhinya target NDC (National Determined Contribution) 2030 dan target zero emission 2060.

Rudyanto menambahkan pembangunan rendah karbon yang sesuai dengan target pembangunan berkelanjutan. Sebab, BUMN juga memiliki peran vital sebagai verifikator dan menjalankan validasi pendukung pasar karbon.

Baca juga : Australia Dan RI Bertekad Genjot Perdagangan Produk Peternakan

“Peran utama BUMN pada lembaga verifikasi dan validasi guna mendukung kegiatan seperti pengukuran dan inventori data emisi karbon, pengelolaan dokumen pengembangan proyek rendah karbon serta pengembangan teknologi rendah emisi. BUMN dapat berperan sebagai lembaga konsultan, verifikasi, validasi dan pendukung pasar karbon,” jelasnya.

BUMN akan mengambil peran utama dalam proses akselerasi ekonomi hijau dengan membentuk pasar karbon di Indonesia.

"Nantinya, pilot project ini akan menyusun program kerja termasuk mengkoordinasikan proyek strategis dan aksi korporasi yang mendukung program implementasi dekarbonisasi BUMN," ujar Rudyanto. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.