Dark/Light Mode

IDSurvey Dan Sejumlah BUMN Teken Kerja Sama Project Dekarbonisasi

Kamis, 3 Februari 2022 10:31 WIB
Dari Ki-ka: Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, Direktur Utama PT. EMI Widodo Wegig Raharja, Direktur Utama PT BKI Rudiyanto, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan
Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarves Nani Hendiarti, di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (2/2). (Foto: Istimewa)
Dari Ki-ka: Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, Direktur Utama PT. EMI Widodo Wegig Raharja, Direktur Utama PT BKI Rudiyanto, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenkomarves Nani Hendiarti, di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (2/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) menugaskan IDSurvey (Holding BUMN Jasa Survei) melalui induk holdingnya yaitu PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI menjalankan bisnis berbasis ekonomi hijau.

Salah satunya, bekerja sama dengan PT EMI (Energy Management Indonesia) untuk menyiapkan pilot project dalam upaya dekarbonisasi di Indonesia.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan, upaya ini dilakukan dengan melakukan inisiasi penandatangan nota kesepahaman antara BKI dengan sejumlah BUMN. Antara lain, Pertamina, PLN, Perum Perhutani, Semen Indonesia, Pupuk Indonesia, MIND ID, PTPN, dan EMI.

Baca juga : Kementan Dan ICMI Perkuat Kerja Sama Bangun Pertanian

"Kementerian BUMN dan BUMN sangat serius untuk menjadi pioneer dan juga role model dalam hal penerapan dekarbonisasi," ujarnya dalam keterangan, Kamis (3/2).

Ia menuturkan, pada 2021, pihaknya dan BUMN telah melakukan beberapa inisiatif, dan bahkan memiliki Program Management Office (PMO) khusus yang mengkoordinasikan beberapa BUMN.

Di mana, terdapat empat PMO Inisiatif Ekosistem dalam rangka mendukung implementasi Nilai Ekonomi Karbon (NEK), yaitu BUMN Carbon Market, Green Industry Cluster, Maksimalisasi NBS Potential, dan Scale-up EV Adoption.

Baca juga : Australia Dan RI Bertekad Genjot Perdagangan Produk Peternakan

“Ada tujuh BUMN yang bergabung pada saat itu, termasuk PTPN, Pupuk Indonesia, Pertamina, Mind ID, PLN, Semen Indonesia, BKI, begitu juga Perhutani. Kita lihat merupakan BUMN yang memiliki potensi untuk bersinergi," ujarnya.

Pahala menilai, BUMN-BUMN tersebut, di satu sisi menjadi BUMN yang selama ini dikenal sebagai penghasil emisi, atau produsen emisi. Tetapi, ada juga yang berpotensi untuk memberikan National Best Climate Solution, seperti Perhutani dan PTPN.

Menurutnya PMO Penerapan Dekarbonisasi tersebut, kini dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman.

Baca juga : Suphan Buri Antusias Eratkan Kerja Sama Indonesia-Thailand

Pasalnya, berdasarkan hasil identifikasi PMO telah ditemukan beberapa hal. Salah satunya, diperlukan adanya inisiatif untuk bisa menurunkan emisi secara end to end atau dari hulu ke hilir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.